I Am a Mom to be

HAHAHAHAHA…

Jadi yah… pos-an terakhir gue soal cerita sinciaan kedua di Bandung itu harus terpending super lama. Karena ternyata, gue hamil! hihihihi… Jadi begini, acara di bandung dimulai dengan acara nikahan temen gue. Gue berangkat bareng suami n temen gue Diani. Eh sebelom pegi diani bbm pagi2 ngabarin kalo dia habis testpack, trus hasilnya positif. ya langsung aja heboh dong! Sampe di Bandung akhirnya kita kerjaannya cari makanan melulu, si bumil ngidam soalnya. Gue sendiri waktu itu udah telat 5 hari, tp masih labil ga  mau testpack. soalnya bulan lalu sempet telat juga seminggu dan ternyata pas tes, negatif. gue pikir ntaran aja tes lagi.

Kelar dari acaran nikahan, gue sama temen-temen hang out ke Maja House (rekomen buat sightseeing view pas malem, bagus banget!!). Naaah… pulang dari sana jadi aje gue mual hebat. rencana mo makan perkedel bondon jadi batal. Besokannya, mualnya ilang, tapi ganti jadi pusing seharian. gue pikir gue kampyung ga bisa kena angin Bandung, jadi masuk angin. Suami udah curiga sih, antara masuk angin ato hamil. Mertua sama cici ipar gue udah suruh testpack. gue masih menolak halus aja, bilang nti aja deh beli dulu (padahal udah stock). Di hari Sincia, gue membaik. Makan lahap banget, sampe ditegur sama tantenya Adhi, gue kok diem aja.. yang langsung dijawab sama cici ipar gue “Nadia lagi kalap makan, makanya diem aja.” wkwkwkwkwkw.. Habis makan bersama ya seperti biasa aja, kita keliling ke rumah sodara-sodara sampe malem. Tidak ada kejadian berarti, selain keluarin angpao bejibun. Huhuhuuuuu…. *tetep ga rela* Aniway, malem itu juga gue dan suami balik Jakarta.

Herannya, kelakuan gue makin geje aja. kita sengaja ambil cuti sehari buat istirahat. Gue pake buat tidur seharian. Ga tau, bawaannya ngantuuuuukkkkkkk banget. Suami gue tambah curiga aja, dia udah suruh gue testpack yang masih gue tolak. Hari berikutnya ternyata lebih parah, gue mual lagi sepanjang malem. Hari berikutnya, gue muntah2. Makan apapun gue muntahin. Yang nyolot, gue lagi makan malem sama suami, gue muntah aja depan dia. Akhirnya suamiku mengambil keputusan tegas. “Besok pagi kamu tespack yah. jangan engga.”

Pagi hari berikutnya, gue bangun jam 6 pagi. Harap-harap cemas mo testpack.. Habis tes, gue tunggu setengah jam. Ga berani liat hasilnya, takut negatif lagi. Tapi akhirnya gue memberanikan diri juga, pas liat hasilnya positif, gue langsung loncat kasih tau suami. Pas suami liat hasilnya, dia malah tidur lagi. Gue protes lah! Bininya positif hamil kok dia ga seneng?? “Kamuuu.. aku positiiifffff…” baru dia “OH?? kamu positif?? aku kira negatif lagi.. abis tanda minusnya ampe dua gituh..” Cape deeee… Habis itu gue langsung kasih tau satu keluarga so pasti mereka seneng banget. Calon cucu pertama gitu loohh… Ga cukup sampe situ, gue lgs bbm Diani ngabarin kalo gue juga hamil. Heboh-hebohan lagi kita berdua di kantor, sampe rencanain beli susu bareng. Dan tiba-tiba aja berita mengalir dengan cepat, bbm, sms, telpon ucapan selamat datang bertubi-tubi.

Perasaan seneng ga bisa gue rasain 100 persen, secara gue belom pegi ke dokter kandungan untuk cek secara pasti. Hari senen, gue bareng Diani cek ke Dokter Andrew di Hermina Podomoro. Alesan gue pilih dia.. ya karena dia temennya bokap dan gue tau dia dari gue orok ajah jadi ga ada alesan buat gue cari dokter kandungan lain. Gue lebih percaya sama orang yang udah gue kenal. Btw, dr. Andrew ini terkenal rameeeeeeeee…. idolanya pasien Hermina. Gue gak heran sih, orangnya emang baik banget. Gak suka ngejudge orang sembarangan dan sabar.

Long story short, gue hamil dengan resiko tinggi. Karena.. gue ternyata kena hipertensi. Gue hamil dengan resiko terkena pre eklampsia (please googled it, males jelasin di blog ini). Sekarang kandungan gue udah berjalan 6 bulan dan masuk trimester akhir. Gue masih hipertensi yang mana terjadi karena hormon bawaan tubuh gue selama hamil. Gue sekarang minum obat hipertensi, kadang tekanan darah gue normal, kadang tinggi. gue selama hamil diet rendah garam. Awalnya cukup menderita sih, karena di trimester awal gue mual sepanjang hari dan pilihan makanan gue harus terbatas di tawar. Di trimester awal ini juga gue kuatir setiap hari, takut bayi gue kenapa2, takut ga berkembang, takut keguguran. di trimester dua, mual gue hilang total, tapi hidung gue jadi suka mampet dan pusing (kalo menurut artikel kesehatan yang gue baca, disebabkan karena produksi darah yang meningkat), gue jerawatan sampe ke punggung. Pokoknya segala jenis gejala hamil gue ngerasain deh.

Tapi dibalik semua itu, Gue SANGAT BERSYUKUR. Bersyukur karena Tuhan udah kasih gue kesempatan untuk hamil. Bersyukur karena meskipun gue hipertensi, gue cukup minum obat (Ada yang hipertensi bikin kental darah, harus di suntik tiap hari di perut supaya bayinya ga keguguran). Paling bersyukur bahwa, di balik semua itu, bayi gue tumbuh dan berkembang normal. Bayi gue sehat dan kandungan gue kuat. Sampe waktu usg 4D, dokter yang usg bilang “Seharusnya dengan kamu hipertensi dan mcv kamu jelek, anak kamu tuh saluran makannya ga berfungsi normal. Tapi ini semuanya baik. Jantung baik, saluran makannya baik, pertumbuhannya baik.” Gue berterima kasih sama Tuhan Yesus, karunianya buat gue ga terhingga. Gue ga pernah ngeflek, ga pernah kontraksi, semua gejala yang gue alamin, gue bisa melaluinya tanpa perlu nangis2 lebay. Sekarang, masih ada sisa 3 bulan lagi sampe waktunya anak gue lahir. gue masih hipertensi, masih beresiko pre eklampsia, tapi gue akan bertahan. Dan gue yakin, Tuhan tolong gue dan anak gue sampai waktunya nanti lahiran. Gue percaya kok ilmu kedokteran jaman sekarang canggih. Ayo Sophie, kita bisaa.. Ah iya, anak gue katanya cewe.. udah gue kasih nama Sophie. bajunya juga udah selemari. hihihihi…. Ga sabar tunggu Sophie lahir.. mo liat dia mirip gua apa suami… (moga-moga mirip gue :P)

Leave a Reply

