Here comes the baby…

Ehem..

Ini kisah mengenai brojolan si kecil, Sophie… 

 

Akhirnya, setelah melalui minggu demi minggu pake mikir mo caesar apa normal.. Di minggu ke-37 ane mutusin caesar aja. Sebenernya masih ngarep normal, tp mengingat tensiku tak kunjung turun.. Ane takut resikonya kalo normal.. Meskipun dokter Andrew masih cukup pede selama tensi gue mentok di 150-90. Tp konon katanya kalo ngeden tensi suka ngelonjak naik, jd beresiko stroke. Yah ogaahlah yaaaa… Dengan diputuskan operasi, maka hilanglah impian gue ngikutin adegan di felem2. Pecah ketuban, panik manggilin suami, nunggu pembukaan sambil hahh hee hahh hee, ngeden, trus terharu liat anak gue telah lahir, ngeliat suami gue jg terharu, dan kita bertiga berpelukan menangis haru. CORET!!!! Huh.. 

 

Gue mutusin di caesar tgl 20 september. Niatnya barengan sama pilkada, biar keren aja gitu. Memang yaaahhhh, kita boleh berencana, Tuhan yg menentukan. Gue mulai cuti tgl 17 september. Sengaja mepet2 biar waktu buat si kecil panjang. Gue pikir bolehlah 3 hari gue puas2in tidur.. Halagh… Di tgl 17 itu, Jam 9 pagi gue ke wc, nemu flek darah berlendir. Niat mo sarapan yang ada gue laporan ke nyokap. Nyokap langsung pucet. Gue langsung mandi terus dandan. Trus suruh Adhi balik dari kantor buat anterin gue ke Hermina podomoro.

 

Nyampe sana, gue langsung CTG dan tensi. Bener ajah tensi gue tinggi gara2 uda kontraksi. Niat mulia gue tidur cantik 3 hari harus kandas karena gue harus caesar hari itu juga jam 2 siang. Mo panik jg uda ga bisa. Untung gue sempet dandan dulu. Jujur aja gue takut bgt dioperasi. Mikirinnya aja merinding.. nah ini dalam hitungan jam terjadilah. Adhi langsung ngabarin nyokap2, cicinya, tante2.. Gua jg masih sempet ngabarin temen2 sama bbman. Gak lama bonyok dateng.. Bokap sih seneng gue di caesar. Dia dari trimester kedua uda ngusulin suruh caesar aja karena tensi tinggi ini plus dia ga mau gue kesakitan nungguin bukaan juga kalo normal. Maklum yah, anak perempuan kesayangan di mata bokap ga kenal kata sengsara (alias manja). Kalo nyokap udah mesen2 “kamu yang tegar.. Ga usah nangis” yeeee… Sempet apa pake nangis2?? Yang bikin gak nyaman yah, pantat gue uda ga perawan lagi disundut obat 😥 sama dicukur suster.. Hauuu.. Mo malu juga uda ga sempet..

 

Akhirnya saat operasi datang juga!! Gue uda komat-kamit baca doa. Dokter Andrew nyamperin menenangkan “Nadia.. Sebentar lagi lahiran” gue cuma bengong. Tapi gue cukup bersyukur gue kalo uda saatnya kepepet, nyalinya jadi gede, alias berpasrah! Pas disuntik epidural yang konon katanya sakit itu pun, gue ga deg2an tuch.. Dan ternyata gak sakit! Rasanya cuma kaya kesemutan di punggung trus nyebar ke kaki dan akhirnya kaki gue mati rasa. Sampe situ gue masih tenang2 aja karena mikir proses operasinya pasti nunggu sepuluh menitan lah.. Fuh.. Taunya gue ngerasa loh kek ada yg nyayat. Emang ga sakit!! Tapi gue kok tau??? Pake ditanya lagi “sakit ga, nad?” Err….. “Sakit ga, nad?” Mmmhhh.. “…..Kesemutan, om..” “Oke, bagus.” Trus perut gue diobok2 aja gituuuuuhhhh!! Gue tau!!!! Emang ga sakit, tapi ga nyaman juga rasanya!!! Mana gue menggigil kena pengaruh bius.. Paduan yang pas bener.. Gue masih inget dengan jelas tuh perut seperti diobrak-abrik sebelum akhirnya ada yg dikeluarin, ngekk! “Yak, perempu.. (Oeeeekkkkk!!!!!)..an (oeeekkkkkk!!!!)” Dan teralihlah sekejap pikiranku dari perut teraniaya ke suara tangisan itu. Yang ada di otak gue saat itu “nih anak kok nangisnya kek anak cowo.. Ngebass dan kenceng amat” semenit kemudian muncullah muka nan bulet trus ada suara “mirip siapa bu?” Di sudut pandang gue yang keliatan cuma bibirnya gede. Gue bilang aja mirip gue dengan pedenya. “W..wahhh.. M..mirrip s..saya niihhh…!” Sambil gemeteran. Entahlah karena pengaruh bius ato gue masih shock karena berasa perut diobok-obok, gue ga terharu sama sekali seperti yang gue pikir bakal terjadi. Awalnya gue pikir pas liat anak gue pertama kali, pastilah gue nangis kejer… Boro-boro. Proses operasinya sendiri cepet banget cuman 15 menit kali. Habis operasi juga si dokter berlalu dengan santainya sambil bernyanyi “du du du du…” Tinggal gue terkapar menggigil dicuekin. Untung gak lama suster2 dateng mindahin gue ke ruang pemulihan. 

 

Sebenernya gue malu loh pas pindah dari ruang operasi ke ruang pemulihan. Gue berasa kaya ikan kelojotan di arak. Yang ngeliatin juga anggota keluarga semua siiich.. “Wah, gimana perasaannya? Cepet kan? Gak sakit kan?” Bokap ngomong sendiri sambil senyum simpati ke gua.. “anak kamu lucuuuuu.. Bulet banget” nyokap malah banggain cucunya. Tapi statement paling sadis gue dapat dari laki gue sendiri. Udah pas ngeliat gue cuma cengar-cengir sambil.. “Haii.. Mukanya mirip aku! Hihihihi” NOOOOOOOO…!!!! … Gua yah selama hamil pingin kalo anak cewe mukanya kudu mirip gua trus pipinya tembem. Apa daya dikasihnya muka laki gua. Untung pipinya tembem. Pas gue liat fotonya… Astagaaaa.. Ini sih mirip guanya numpang lahir doanggg… Semua orang bilang bibirnya kek gue. Fitnah! Bibir anak gue juga ngikutin laki gue, huhuuuu…. (Dewasa ini baru diketahui bahwa, jari kelingkingnya mirip gua)

Moment mengharukan akhirnya muncul pas gue skin to skin sama anak gue. Baru deh gue ngerasain indahnya jadi mama. Bayi tuh keciiil… Lucuuuu…. Gemesiiiin.. Banget deh. Tapi gue tetep biasa aja tuh. Ga mewek-mewek seperti yang gue prediksi. Tapi gue terharu dan amat sangat bersyukur Tuhan baik sama gue. Anak gue lahir dengan sehat dan kuat. Semua sempurna meskipun selama di dalem kandungan gue deg2an tiap hari takut tensi tinggi gue berpengaruh ke dia. Sekarang yang dibawa2 di perut udah bisa ditimang, dilihat, digendong.. Duuuhhh.. Gak terlukiskan de betapa bahagianya..

 

Hari Senin tanggal 17 September 2012 jam 14.38 itu bayi perempuan mungil lahir dengan berat 2852g dan panjang 49cm.. Diberi nama Sophia Audrinna The (baca: te) yang berarti kemuliaan yang penuh hikmat (atau arti terselubungnya, sophia AUDRINNA, sophia Anak sUlung DaRi adhI daN NAdia.. Wkwkwkwkw) 

 

Dan.. Sejak hari itu, dimulailah hari-hari kurang tidurku..! Menjadi Ibu ternyata tak semudah yang dibayangkan. Jauh dari kata mudah! Gue salut deh sama nyokap gua. Dia dulu ngurus anak sendiri ga ada yang bantu, bisa. Kalo gue boro-boro. Makanya sekarang gue ga berani kurang ajar ma nyokap. Diomongin gue iya2 aja. Baru ngerti sih rasanya jadi nyokap tuh gimana… Duh.. Semoga aja makin hari skill gue jadi seorang ibu makin terasah. Gue mau jadi the best mother in the world! Yosh!!

 

Btw, di operasi caesar tidak sesakit itu kok. Yaah.. Selain di ruang operasi yang menakutkan (buat gue yah) selebihnya sakit yg tertahankan. Proses operasinya sendiri memang ga sakit, tp berasa aja dipegang2. Yaaah.. Tapi semua berlalu dengan cepat. Seminggu juga uda bisa jumpalitan. Hihihi.. Boong dee.. Tapi bener, sakitnya biasa aja. Lebih sakit puting lecet kemana2.. (Biar sakit banget, tp nyusuin tuh nagih loh! Ga bisa de sehari aja ga nyusuin.. Ga bisa bobok!)

 

P.s. Jangan pernah bilang ke perempuan kata2 ini “kalo belom lahiran normal mah belom jadi ibu seutuhnya!” Heh!!! Itu kalimat ga beralasan ga bertanggung jawab dan ga sopan abis! Gue tersinggung banget sama kalimat itu, bikin sensi. Emangnya kenapa kalo gue bisanya lahirin anak gue lewat jalan operasi?! Emangnya kenapa kalo seandainya gue harus adopsi anak?! Apa itu bikin gue atau orang lain jadi hina?! Mau gimana pun caranya, normal, operasi, inseminasi, adopsi yang penting hati lu tulus, ya lu adalah seorang ibu!  

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s