Ajaibnya sang Mama!

Gimana gak ajaib coba jadi seorang mama itu? Dari yang perutnya rata tiba-tiba harus jadi gendut karena mengandung calon bayi selama 9 bulan lamanya. Belum lagi soal begah, mual, muntah, bengkak, pusing, dll dll. Belum lagi harus merasakan sakit waktu melahirkan atau deg-degan di ruang operasi karena hanya dibius lokal. Itu semua cuma permulaannya. Dan ini dia nih juaranya. Mengurus anak!

Gimana gak ajaib jadi mama Nadia itu? Hidupnya 24 jam diserahkan buat sang bayi. Tidur ga teratur. Malam jadi siang, siang jadi malam. Bisa mandi lama aja rasanya kaya dapet rejeki nomplok. Jangan tanya soal menyusui deh. 4 jempol harus dikasih buat ibu-ibu yang bertahan dengan masalah menyusui. 4 jempol buat mama Nadia yang sampe Sophie 20 bulan masih asi. Udah disiksa lahir batin sama si kecil, ajaibnya si mama gak pernah gak bahagia kalo melihat betapa manisnya sang buah hati. Betapa beruntungnya menjadi seorang mama. Betapa beruntungnya seorang Nadia diberi Tuhan seorang anak bernama Sophie.

Mana ada yang namanya kencan berdua, nonton bioskop, karaoke, nongkrong sampe pagi di cafe. Coretlah daftar tersebut dalam kehidupan Anda yang Mengurus anaknya sendiri. Terimalah kenyataan bahwa dalam hidup harus ada yang dilupakan untuk dinikmati. Ajaibnya, seorang mama gak akan tega untuk meninggalkan sang buah hati. Boro-boro bisa berduaan sama suami dah. Yang ada kalo bobo aja, anaknya musti nempel sama badan mamanya. Kaya kembar siam. Kalo lepas, sophie bisa nangis kejer.

Soal belanja? Tiap ke mal yang dibeli kalau bukan baju bayi ya.. popok, sabun mandi bayi, mainan, buku cerita anak. Barang buat pribadi? Duuh.. pake yang ada aja deh! Suami udah berkali-kali bilang “udah dong jangan beli buat sophie melulu. Beli buat diri sendiri juga” (ah, tapi dia sih ngomong doang, ngasih duit kaga).

Yang namanya badan rontok jadi makanan sehari-hari. Encok, pegel linu sih udah kebal. Boleh diadu deh sama suami, siapa yang bertahan ketika nyeri pinggang melanda? Ya jelas mama. Ajaib.

Ketika sang buah hati mulai belajar bicara, ajaibnya, si mama Nadia tiba-tiba menguasai bahasa planet. Yaitu, planet Sophie. “Iko iko ice ca!! Mamaaa” “iyaa.. twinkle twinkle little star yaa” ada lagi adegan “mamaaa.. odong! Odong!” Yang lain mengernyit, mama dengan tenang menjawab “oiya.. sophie mau NONTON yah..” “utu ata! (Tutup mata)” “ada baun (balon), ada apu (lampu), ada nonal (donal), ada minnie, ada iki (mickey), ada iget (piglet)” sophie namanya siapa? “Ofi aunina” “mo enggeu.. apau.. enggeu!! (Mau anggur dan apel)” Coba, kalo orang lain yang diajak ngomong? Bisa setres.

Ajaibnya jadi mama yang lain? Kadar kesabaran meningkat. Kalo dulu yang namanya sabar cuma 20% sekarang jadi 50%. Ya tetep aja ga sabar hahahaha… tapi lumayanlaah nambah 30% gituuu… Apa sih yang enggak kalo buat anak?

Ya begitulah, gua merasa jadi ajaib setelah jadi mama. Jadi kaya kuli bangunan yang aktif dan kebal. Ototan. Plus tetep lemakan nih. Aduuh… pengen sedot lemak tapi gak ada dana. Gak disedot, kok ya kayanya bergelambir gimanaa gitu..

Lagi galau karena ternyata banyak penjahat kelamin di sekolah. Lagi mikir apa Sophie di home schooling aja gitu? Tapi ya gak mungkin juga secara nanti mana ada temennya dia?! Tapi parno aja gitu ninggalin anak di sekolah yang banyak orang dewasa asing yang ga mungkin gue akrabin semua. Luarnya baik dalemnya siapa yang tau. Mana si sophie lucu begitu. Nanti waktunya sekolah ya anaknya dibekali aja dengan doa dan proteksi yang banyak. Gapapa anak gue berkostum ksatria baja hitam atau power ranger daripada dia diapa-apain.

image

Advertisements

One thought on “Ajaibnya sang Mama!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s