Si 22 Bulan

Gak kerasa bener yah si kucrit bentar lagi 2 taon. dulu waktu lahir nungguin dia sebulan perasaan lama bener.. sekarang malah berharap jangan cepet2 gede. Derita setiap mama banget yaaa ngeliatin anak tumbuh dewasa dan gak berharap mereka tumbuh secepat kilat. Buat gua sendiri, gua belon kepikiran nambah lagi sih.. satu aja gua kerjaannya jerit2 mulu tiap hari. Biar kata anak cewe yah, namanya bandel ya bandel ajeee.. Meskipun kemaren sempet gue lontarkan pertanyaan iseng ke Sophie. “Sophie mau punya adek cewe apa adek cowo?” dijawab mantap sambil tersenyum “adek cowo”. Yah, amin aja yaaah…. Buat gua sih, apapun jenis kelaminnya gua bersyukur sama Tuhan. Ya tapi ini entar yaaa… Kalau udah waktunya dikasih lagi nantii..

Jadi Sophie sekarang hobinya histeris. salah dikit jerit2. lama dikit ngelengking. ampuuun dah… Belon lagi lipstick gua diremet sama abis sama dia terus dia nyamperin gua sambil kasih tangan belepotan bilang “Iiiihhhh…” Mana tuh lipstick kesayangan pulak.. *curcol*
Beberapa kali tantrum yang gak jelas. Waktu itu di mol bangun2 dia nangis ngamuk. Diturunin dari stroller ga mau. dibiarin ngamuk. digendong ngamuk. laaah lalu musti gimanaaa.. akhirnya sambil ngamuk2 gua gendong dan bawa ke nursery room. sampe nursery room, penuh. akhirnya gue nenenin sophie sambil berdiri. ya ampun yaaa.. tapi untung anaknya tenang. Pas selesai nenenin ketemu papanya, liat stroller dia ngamuk lagi dooong… dijauhin dari stroller ngamuk. didudukin ngamuk. dibujuk ngamuk. didiemin makin ngamuk. sampe diliatin orang2 dengan muka berkerut semua. Akhirnya gue langsung pulang dah gak pake jalan2 lagi. Hadeuuh… sampe sekarang gue gak tau deh dia ngamuk gara2 strollernya kenapa.

Malem2 kalo lagi tidur juga suka ngigo. Tiba2 nangis2 sambil ngomong “Opa mandiii… Opa mandiiiiiii!” atau pernah juga “Takut suntiik.. takut suntiiik” wakakakakka… random abis.. Lagi merem malem2 bisa tiba2 manggil “mamaaa..? nenen manaa?” gue iseng jawab gak ada. eh dia ngamuk sambil tetep merem “aaaaaa… nenen abiiiisssss” gue jadi ketawa2 sendiri malem2.

Ngomongnya makin pinter dan mulai buat kalimat pendek. meskipun suka kebolak balik ya.. contohnya harusnya “Sophie makan” dia malah bilang “makan sophie” atau salah artiin kata.. kalo lagi mandi gue guyur aer anget dia bukannya bilang panas malah bilang “Dinggiiiiin…” Tapi sekadang bikin takjub ngomongnya bisa panjang kaya “Da dah dedeek kleeei.. dedek klei ayo minum susuuu”. xixixixixi… Mulai bisa nanya juga. Misalnya di tivi ada tokoh yang dia ga tau dia tanya “itu siapa?” ya kalo tokohnya pas gua tau ya gua jawab. Nah kalo lagi kartun random yang gua ga pernah nonton dia tanya itu siapa? itu siapa? setiap mahluk ditanyain satu2 siapa. Gue keder. Gue bilang ga tau ditanya terus. gue jawab ngaco, nti ngajarin yang enggak2. Baru ditanya soal tokoh kartun aja gue ngelesnya susah. Apalagi nanti kalo udah gedean dia nanya2 yang ‘lain’. Kadang gue bilang “Sophie duduknya gak boleh begituu” eh dia bisa nanya “Kenapa?” padahal harusnya kan dia belum waktunya nanya2 kaaaan… Gua banget deh sifatnya si sophie. Curiousity-nya tinggi. Temperamennya juga pendek. Gak sabaran banget. Ai seperti bercermin ke kaca setiap liat tingkahnya Sophie. Muka boleh diembat bokap ya, tapi sifat sih dominasi mamanya.

Yang paling lucu dari Sophie hobi nyanyinya. Udah hafal banyak lagu dan bisa dia nyanyiin sampe habis. Beberapa lafalnya emang ga jelas apaan, tapi nadanya bener. Ini nih yang penting. Kalo bisa nyanyi tapi falls juga kan percumaaa ya gak siih… Gak sia2 nyanyiin dia dari orok yaa ternyata biar jaman oroknya dia cenga cengo kalo dinyanyiin, ternyata disimpen di memorinya dia.

Susah diajarin potty training. Ga mau duduk di closet. setiap diajakin pup atau pipis di closet dijawab “eek aja” “iya eek di toilet yuuk.. sambil duduk” “takut” “ga boleh takut harus bisaaa.. yuk?” “takut. eek aja. udah eek” yaaaaaa… gitu terus tiap hari. Gue beliin bangku khusus potty waktu di toko dia mau. pura2 eek depan mbaknya malah dia ngeden2 sendiri. Gue tanya “sophie mau eek dibangku?” “mau.” “yakin?” “yakin.” “nanti kalo mo eek, duduknya disini ya. eeknya disini gak di pampers. oke?” “oke.” di rumah… “yuk sophie eek di bangku yuuk” “takut..” Iiiishhh.. gemes ga siih?? ini setiap hari lagi dibujuk2 duduk sambil diajak ngeden. mudah2an lama2 bisa eek beneran yaa.. gak di diaper lagi.

Udah bisa diajak pose kalo foto2. Tapi masih tergantung mood. Kadang2 udah sampe mulut berbusa kalo dia ogah ya jangan ngarep. Mulai niru2 otang dewasa juga. Jadi gue bener2 gak bisa bikin salah dah. Aduh ya ampun gimana nanti dia 2 taunan yaaa.. gua jadi serem sendiri.. Jangan2 gua ngupil juga harus dibalik selimut. Mulai diajarin berdoa juga, tapi tiap baru mulai doa dia langsung bilang “amin, amin! happy ya ya ya.. happy ye ye ye..” begitu halnya kalo gue lagi ngomel2in dia “Sophie kalo habis main, mainannya disimpen lagi ditempatnya yah! Jangan berantakan gituu.. kamu kalo dikasih tau tuh dengerin mama dong!” dijawab loh sama dia, “amin, amin!” ngeselin kagaaaaa… tapi kocak juga. wkwkwkwkwk…

Terlepas dari semua kekonyolan sophie, doa mama selalu sama yaa.. semiga sophie tumbuh sehat, normal, pinter, cantik, dan nurut sama mama. amin, amin!

Happy 22 months, dear!

image

One thought on “Si 22 Bulan

Leave a Reply

