Palembang Trip

Tgl 25 agustus kemaren gua, sophie, en nyokap liburan ke palembang. Bokap sama adhi tinggal karena harus gawe. Trip ke palembang ini yang pertama buat sophie dan setelah 15 taun lebih buat gua. Ya biar kata bonyok gua asal palembang, gua jarang banget ikut mudik. Ada aja halangannya. Mulai dari ada ujian, ga bisa cuti, mo melahirkan, pokoknya ada ajalah. Naah, setelah resign ya kan ga ada alasan gue ga bisa ikut lagi tuh.. nyokap udah wanti2 ajakin gua. Ya udahlah yaaa.. masa rejeki jalan2 gretong ditolak…

Kita pilih naik citilink, soalnya selain murah, durasi perjalanannya cuma 50 menit. Berangkatnya dari bandara Halim Perdana Kusuma. Lebih deket dari rumah dan gak kuatir delay. Gue pribadi lumayan seneng di Halim karena biar kecil, ruang tunggunya nyaman. Pake karpet, ada starbucks, ada periplus. Cukup banget. Perjalanan pergi sih mulus banget yaa.. Si sophie bobok, ga ada turbulens, lancar jaya. Pas sampe di palembang, gue mayan amaze sama airportnya. Sekilas mirip di changi wkwkwkwk… ternyata udah bagus yaa.. terakhir gua pergi taun 2000, bener2 kaya terminal bus. Ini keren bangeet. bagasi pun keluarnya cepet. Gak lama kita dijemput sama sepupu gua. Di palembang, 90% yang tinggal di sini dari keluarga nyokap. Gua bahkan ga pernah ketemu sama kakaknya nyokap. Mungkin dulu pas gua kecil pernah ya, tapi udah gak inget dah. Parah kaaan.. paraaahhh.. that’s why nyokap kekeuh gue kudu harus musti menapakkan kaki di palembang. Supaya gua kenal sama keluarga nyokap. Biar gak sombong gituu maksudnyaaa.. alagh, padahal alasan sebenernya dia cuma mau pamer cucu aja tuuh.. Si Sophie jauh hari sebelum berangkat udah diiming2ngi pempek. Jadi tuh anak saban denger kata ‘palembang’ buntutannya nanyain pempek. Emang buah jatuh ga jauh2 dari asalnya yaa.. doyannya pempek sama lalapan. Wkwkwkwkwkkw… Begitu sampe, doi udah nanyain aja tuh.. ‘ke payembang makan pempek.. mana pempek?’

Sampe di rumah sepupu gua, cuma dikasih waktu taro koper sama mandi, langsung meluncur diajak makan mie alun. Ini mie kesohor banget dikalangan keluarga gua. Katanya mienya super enak. Gua sampe ngiler2 diceritain. Ya excited doong… palembang kalo udah malem, gelap…. entah cici gua yang lewat jalan tikus ato gimana, gua sampe serem sendiri. Nyokap bilang kalo kota kecil emang gitu. Kalo malem ya ga heboh kaya di jakarta. Sampe di tempat mie alun, ternyata makannya di pinggir jalan. En den ketika mienya dateng sodara2.. eng ing eeeng… pake babi merah dong. Ya gua kaga napsu lha yaaa.. gua kan ga suka babi! Trus ini rekomendasi dari orang rumah nih gak reliable banget nih buat gua. Mo sewot tapi udah laper. Ya sudah disingkirkan saja itu daging babi ke piring sebelah. Mienya gimana rasanya? Yaaa.. enak sih… trus karena porsinya dikit jadi nambah deh semangkok lagi.. (nambah apa doyan?) Eh, tapi buat gua masih enakan mie aloy di eat and eat! Jadi gak bakal balik sini lagi ah! Gak halal!

image

Setelah (ga) kenyang dengan mie alun, pulangnya nyambung makan martabak. Pas sampe di rumah, eng ing eeeng… ada tamu bawa martabak lagi dong! Total ada martabak manis 2 sama martabak tipis 1. Teler!!

image

Hari kedua kita makan pempek di taman kenten. Kata cici sepupu gua, tempat makan pempek paling gede di palembang. Udah gede tetep enak. Sophie yang lagi asik bobo di mobil begitu gue bilang “pempek” langsung seger dia! En bener aja dah.. pas ketemu pempek, makan sampe merem melek dia. Bwakakakakakak.. kasian anak gua kaya ga dikasih makan seminggu aja kalap dia pegang kanan kiri tuh pempek sambil bilang “wooow enaaak”

image

Pempeknya emang enak sih, tapi yang jadi juaranya tuh ini dia..

image

Model gandum ini enak banget!!! Mirip2 rasanya sama bakwan malang. Garing, gurih, slurp banget!! Sayang gua cuman makan setengah! Mo nambah udah harus jemput anak cici gua. Aaarghh.. Tapi ya gapapa sih.. setelah itu cici gua ngajakan makan pindang ikan. Pindangnya juga enak!!!

image

image

Puas makan pindang di bu ucha ini. Maknyoss banget. Naah, selesai makan gua diajak jalan2. Cici gua ngajakin gua buat liat rumah istri2 seorang haji beken di palembang. Istrinya ada 4. Rumah mereka dikumpulin dalam satu komplek sendiri. Rumahnya ya.. guede-guedeeee banget.

image

Kebayang gak tuh betapa kaya sang haji. Itu rumah jadi satu lahan lho dan keknya makin muda istri makin gede rumahnya. Rumah istri kedua dan ketiga kembaran gitu ya mungkin emang kakak adik kali. Hihihi… anyway, yang lebih nganganya lagiii.. mereka selain punya rumah satu komplek itu, masih punya rumah pribadi lagi di tempat lain. Sinting. Rumah istri keempatnya tuh deket sama rumah cici gua. Sementara 3 lainnya gue ga sempet liat. Gua sampe berenti dan foto2 tu rumah. Untung gua gak ditangkep satpam ya, dikira infotainment mo cari berita.

image

Itu rumah dari ujung kiri sampe ujung kanan ada tiga bagian. Plus di bagian belakang ada jembatan penghubung antara rumah ujung kiri sama rumah ujung kanan. Gila gak tuh haji? Ckckckck… konon katanya si haji lagi cari istri kelima. Bayangin doong.. kalo jadi istri kelima jembatan penghubungnya bisa 2 kali yaaah.. ada yang minat daftar?? Hahahahah. Gilak, gua kalo gosip ginian bisa panjang dah. Doyan bener sama yang ginian. Wkwkwkwkwkwkw…

Malemnya kita beli kwetiaw buat makan di rumah. Kwetiaw palembang tuh ternyata tebel2 bener. Enak sih, tapi gue sih sukanya tetep sama kwetiaw medan kayanya. Hahahaha.. yang ini cepet banget enegnya..

image

Hari ketiga gua ke rumah adek nyokap. Daerahnya di luar kota palembang. Yaaa… kira2 cibinong kalo dari jakarta. Kalo sodara2 nyokap bilangnya ke “Kebon” karena emang rumahnya punya kebon gede banget. Sampe ada komplek kuburan sendiri. Hii.. Gua gak jalan2 keliling sih, denger ceritanya doang. Lagian ngapain juga ya gue kepoin kuburan.. Jadi om gua punya pohon rambutan, ubi, sayur mayur, macem2 lah. Sophie yaa.. kalo ke rumah orang, apa karena dia tau itu rumah sodara sendiri, ga ada malunya lho dia. Sopan gitu kek masuk rumah orang ya duduk diem gituu… malu gituuu… ini mah ngikut2 kokonya. Liat kokonya lari2an dia ikutan. Liat kokonya makan kerupuk, dia juga. Ya kaan.. gua malu ma tante gua. Tapi mereka malah seneng ya anaknya gak sungkan2. Makin disuruh makin menjadi dia. Mana selalu disuguhin pempek kaaan.. yaaa.. feels like home bener dia. Belom lagi banyak ayam, kucing, bebek. Wiiiih… kegirangan dia. Gua juga girang sih, makanannya enak soalnya. Cabe ijo hasil panen sendiri yang dijadiin sambel tekwan ya, juara banget. Pedes tapi wangiii.. kebayang kalo makan pake indomie kuah. Beeeuhh ngecesssss…

image

image

image

Habis dari rumah om gua, lanjut lagi makan es kacang plus makan pempek lagi. Herannya gak bosen2 gua sama pempek. Udah mendarah daging bingiitss..

image

Dari situ, kita lanjut lagi main ke Kambang Iwak. Kambang iwak ini taman jogging dan bisa buat pacaran juga main sepeda. Pas dateng kesitu masih jam 3. Panasnya minta ampun. Ya gua main sepeda aja ogah apalagi jogging ya. Wah kagak deh. Berdiri diem aja gua keringetan. Tapi sepupu gua pada asik main looh.. salut gua. Ketauan banget gua anak kota manja.

image

image

image

image

image

Di kambang iwak gak lama. Paling sekitar setengah jam. Habis itu lanjut lagi liat jembatan Ampera dan sungai musi. Disini juga cuma foto2 doang. Bisa menjelajahi sungai musi dengan sewa perahu sih, tapi kebetulan panas ya jadi gua ga kepingin.

image

image

Disini gua udah bau keringet banget, tapi udah nanggung kata cici gua, jadi sekalian diajakin ke stadion jaka baring. Stadionnya bagus ya. Kompleksnya juga lho, bisa buat foto prewed. Ada tamannya sampe ada sungai kecil segala. Nah di sini malah enak buat main sepeda. Karena udah adem udaranya. Si sophie juga happy bisa lari2an di rumput.

image

image

Dari sini akhirnya kita pulaaaang!!! Ini hari tercape deh dari pagi sampe sore nonstop makan dan jalan2. Lumayan lha yaa lemak bisa dilebur menjadi energi.

Hari keempat gua diajak makan udang beken sampe masuk acara pak bondan maknyos. Nama rumah makannya apa coba? Rumah makan Sophia. Yaaaaa samaan ya namanya sama anak kite. Rasanya enak sih, tapi menurut gua masih enakan bumbu udang buatan nyokap ah. Udang yang gua makan ini harganya beda2 tergantung beratnya. Kebetulan yang ini satunya 90ribu. Ckckck banget ya.. gede pala doang lagi.

image

Setelah kenyang makan udang, gua diajak keliling liat daerah rumah nyokap jaman dulu. Naah.. masih banyak rumah panggung khas palembang. Inget jaman dulu banget pas gua masih kecil pernah nginep di rumah temen bonyok di palembang juga. Daerah rumahnya tuh masih rumah panggung yang jalanannya masih tanah. Kalo pagi masih dingin dan banyak ibu2 penjaja makanan. Anak2 pada main di bawah rumah panggung. Seru banget lho. Gua suka banget masa kecil gua. Soalnya ikut bokap dinas ke daerah. Kapan2 ceritain di blog ah. Kalo ngeliat ciri khas kaya rumah panggung gini gua seneng. Tapi sayang gak kefoto yaa.. soalnya gendongin sophie di mobil. Sepanjang jalan nyokap nostalgia sambil cerita2 ke gua. Gua manggut2 doang tapi gak ngerti.

Oh iya, kita juga sempet main ke rumah kakak nyokap yang gua cuma pernah ketemu pas gua balita. Jadi intinya gue ga pernah bertatap muka. Kita silahturahmi ke rumahnya. Btw, kakak nyokap ini haji lho. Dari muda masuk muslim dan taat banget. Sampe jadi yang bawain adzan kalo maghrib. Kayanya jadi ulama juga deh. Sholatnya juga 5 waktu ga pernah lupa.
Seperti biasa ya sophie gak ada malunya di rumah orang. Dia sempet bingung kayanya kenapa harus panggil kakek nenek dan salamannya cium tangan, tapi dia nurut2 aja sih. Dia malah ngerasa kaya di rumah sendiri yaa main keluar masuk kamar. Nyokap bilang ya selama di rumah sodara ga usah dilarang biar akrab. Tapi kan takut kebiasaan yaa ke rumah orang lain juga gitu lagi. Tapi ya ada benernya juga sih nyokap. Akrab tuh sophie sama sepupu2nya.

image

image

image

image

Yang enak di palembang tuh, buah tropisnya murah dan enak2. Duku bertebaran di jalan. Harganya sekilo cuma 8rb – 12rb. Maniiis… trus cempedaknya juga mantap bangeeet…
Sophie aja ngiler liat cempedak. Anak gua apa juga ngiler.

image

Hari kelima saatnya balik Jakarta. Siangnya masih sempet makan di rumah cici gua. Mereka masak kepiting. Gua lupa foto. Baru inget pas udah kenyang. liburan gua di palembang resmi cuman makan, makan, dan makan. Hahaha.. itu belom gua ceritain bagian makan nasi padang pagi sore sama sarapan mie lagi. Total liburan gua naik setengah kilo aja. Hahahaha!

Oowww… ini penting nih. Pas pulang ke jakarta naik pesawat, si sophie tiba2 ketakutan dong. Gua pikir dia bakal bobo seperti biasanya. Eeh ini dia risau banget. Liat jendela, ketakutan. Pas lagi kita duduk di mesin pesawat jadi bunyinya berisik banget. Makin gelisah dia tapi masih bisa dialihin sama nonton dan makan. Sekitar 20 menit sebelum landing dooong…. dia histeris sodara2! Jejeritan dia di pesawat. “Takuuuutttt!!! Mo kuaaar.. mo keluaaaar!!!” Begitu terus sambil jambak2 gua. Wadooow.. gua babak belur dah. Anaknya bener2 ga bisa dibujuk. Sampe gua kesel gua cubitlah dia. Eeeh anaknya makin teriak “sakiiitttt.. mama cubit sakiiiitttt” yaaaa.. makin salah deh gua. Pindah2 ke oma, ke gua, ke oma, ke gua. Tante di depan udah melotot aja tuh ngeliatin. Untung yang sederet sama gua pengertian ya gak marah2. Padahal gak nyaman banget tuh dia. Sampe landing dan setelah dia liat sendiri kalo udah pesawatnya udah napak daratan, baru diem dia. “Sampeee.. sampe kaan.. tuh sampeee” gemes!! Orang di belakang sampe ketawa trus bilang si sophie nyenyes banget (alias bawel). Hrrrrr…. kapok banget gua. Jadi mikir nanti desember kudu naik pesawat lagi gimanaaaaa.. aaaa huhuhuuu… yang gua takutin selama ini kejadian! Sophie ngamuk di pesawat. Pas pulang langsung gue ceritain ke papanya. Papanya juga sampe setres mikir gimana entar kalo naik pesawat lagi. Jadi setiap hari didoktrin, naik pesawat itu enak, ga perlu takut blablabla. Semoga pas nanti terbang lagi dia bisa diredam yaa… kalo ga gua bisa dianggep teroris yang culik anak! Amit2 dah…

Yah, terlepas ending liburan yang horor… gua seneng banget bisa nemenin nyokap pulang kampung. Sekaligus ajakin sophie ketemu sepupu2nya.

9 thoughts on “Palembang Trip

  1. Sepupu sis namanya Tina kan, Agustina. . Buset… Udah gak sengaja masuk Blog sis, msh bisa ketemu foto Tina pula xixixiiii.. Alangkah kecilnya dunia berkat Internet..
    Oh ya.. Blog nya bagus.. Keren deh

  2. Pingback: Singapore 2016 Getaway | sikucingmanis

Leave a Reply

