Kisah Menyapih

Gak terasa si Sophie udah mau 3 tahun aja. Time flies too fast!
Kali ini dalam rangka ulang tahun, gua mau flashback waktu sophie mau disapih dari nenen karena udah mau 2 taun. Jadi dari 2 bulan sebelumnya gua udah pake cara halus buat nyapih sophie. Dibujuk rayu buat pisah sama nenennya. Lah tapi namanya juga sophie ya.. ga afdol kalo ga pake drama. Gue ngomong dicuekin lah, gue bujuk disuruh stop ngomong, sampe akhirnya dia ngamuk jerit2 dan nenen gua ditarik2. Yaolo sakitnya… (untung ga copot). Berhubung cara verbal nan persuasif halus ditolak secara tegas, kita pake cara kasar dong ya terpaksa. Kira2 10 hari menjelang ulang tahunnya yg kedua, gue olesin nenen pake balsem. Sekali sedot kaget dia kenapa jadi pedes ni susu gua?? Panik dong dia. Ngoceh2 langsung nangis “pedesss.. pedessss.. cuci ajaaaaaa” Eh gue refleks dong cuci (soalnya pedes banget boo.. gua sendiri ga tahan hahaha) habis itu anaknya ogah nenen. Padahal gue udah bujuk bilang nenen udah bersih. Anaknya cuma geleng2 kepala sambil tersedu2. Kasian banget sih liatnya.. tapi orang rumah suruh tegain.
Udah jamnya bobo, sophie minta  bobo digendong. Dia bilang ga usah nenen. Ya wes gue turutin. Eeh, mau 2 jem dong gue gendongin anaknya boro2 tidur malah sakau nenen. Dikit2 nangis sambil terisak. “Mau nenen, mama… huuu.. tapi takut pedes..” Duuuh.. kalo inget jadi sedih lagi. Gua udah dilema bener kan, tapi adhi suruh gue kekeuh. Biar aja nangis katanya, nanti juga bobo. Ya kalo bobo?? Lha ini udah 2 jem   betah aja dia nangis. Nangisnya nangis pilu gitu kaaan.. ibu2 tau kan rasanya kalo anak nangis sesunggukan?? Tega gaaa? Engga dong yaaaaaa.. nangis juga gua lhoo.. sedih banget momen berpisah dengan nenen ini ternyata.
Akhirnya.. karena cape sedih hati ini, gue ke ranjang dan buka lapak buat dikenyot buah hati tercinta. Sophie bak kesambet petir liat nenen, langsung nyosor. 5 menit kemudian langsung pules. Yg kecewa cuma Adhi. Wkwkwkwkwkwkw..
Beberapa hari berlalu, sophie adem ayem aja tuh. Gua muter otak lagi sempet nyesel juga kenapa gua kemakan sama tangisannya sophie. Sekarang gua macam sapi perah yg nenennya dibuntutin kemana2 sama anaknya. Pagi siang malem kerjaan gua cuma neneniiin aja. Lalu tiba2, di suatu hari yang cerah, malam tanpa awan, ketika sophie lagi asik kenyot2, eh dia nangis histeris bilang nenen gua pedes! Helooowwwww?? Kamu mimpi keleuuss.. tapi beneran dia nangis aja gitu pas lg nenen. Habis nangis gitu dia suruh gue tutup nenen. Trus dia asik main sendiri. Gua sama nyokap menatap nanar anak semata wayang gua. “Kasian ya..” “iya, kasian..” kita berdua ngomong gitu terus dibulak-balik. Kenapa ni anak jd delusi begini.
Pas waktunya bobo, sophie kembali minta digendong. Sampai 1 jam berlalu, ga ada tanda2 mau bobo, tapi dia bilang gini, “nenen udah ga boleh yah.. Sophie udah pinter…” Gue pun menatap anak gua sambil berkaca2.. dalem hati gua bersyukur.. duuh anak gua udah gede ya.. bisa tabah begini. Lalu… gue membuat keputusan yang sampe sekarang gue sesali.. gue ngomong gini ke sophie, “nenen udah ga boleh, tapi pegang boleh..”
Bak gayung bersambut, sophie langsung kaget “boleh pegang?? Pegang nenen yaah.. sambil bobo??” Gue iyain.
Sophie pun bobok sambil pegang nenen.

Sampe sekarang.

Huwe huhuu.. *tangis menyesal*

Andai aja gue bisa lebih tega. Sekarang proses larang pegang nenen jauh lebih alot drpd dulu, karena apa? Karena si bocah udah bisa argumen balik. Sampe pake taktik nenen buat dede baru aja doi bisa ngeles.. les.. les..
M: “sophie mau 3 taun ga boleh pegang nenen lagi ya.. nanti nenennya mau dikasih ke dede.. mau minum susu dari nenen”
S:”nooo!! Dede minum dari gelas aja!”
M:”ee ga bisaa.. dede belom bisa minum gelas mulutnya kecil harus nenen..”
S:”no!! Dede nenen sama oma aja!”
M:”ga bisa! Oma nenennya ga ada susu..”
S:”… sophie pegang nenen mama, nanti dede nenen pake punya sophie!”
M:”mana bisa!!! Wahahahahahaha!!”
Dan percakapan itu ga selesai karena gua ga bisa jawab lagi.
Jadi sebenernya gue belom sukses2 amat menyapih anak. Melepas sophie dari kenyot nenen ternyata emang proses yang cukup mudah. Ga pake drama naik mobil dan pisah bobo segala.. tapi melepas doi dari pegang2? Hmmmm… masih dipikirkan caranya. (Mungkin sekarang saatnya naik mobil dan bobo pisah. Wkwkwkwkwkw…)

image

Semanja apapun Sophie, senakal apapun Sophie, sebatu apapun Sophie… kamu tetep cinta matinya mama. Tapi udahan dong tergantung sama nenennya.. *teteup*

8 thoughts on “Kisah Menyapih

  1. ahh, balsem yang tersohor itu perlu lu foto n pamerin deh. bikin iklan “ampuh untuk menyapih” hehe.
    gpp Nad, memang sedih meyayat hati, tapi demi sophie makin mandiri n nenen lu aman tentram. happy soon to be three years old sophieee

    • Wkwkwkwkwkw.. bikin iklan ala testimoni yaa.. “anak saya, susaaah banget pisah dari nenennya. Begitu saya pakai blasem x, hanya dalam 5 menittt anak saya udah ga mai nenen lagi! Terima kasih balsem x *senyum cerah*”

Leave a Reply

