Sakit

Iya, sakit. Lagi musim ya sakit dimana2. Yang disalahin kebanyakan cuaca. Entahlah, tapi semenjak sophie masuk sekolah ada tiap bulan ada aja absennya doi. Kebanyakan karena bapil. Ganti2an aja macam toilet umum. Nanti sophie sembuh, temennya lagi sakit.

Sophie sendiri sakit yang parah baru 2 kali (duuhh kok baru sih? Kalo bisa mah jangan sakit lha yaa). Pertama kali sakit waktu umurnya 9 bulan. Bener2 pertama kalinya sakit itu, sebelum2nya sehat bener bahkan pilek juga ga pernah. Gua lagi ngantor waktu itu, ditelponin nyokap suruh pulang cepet karena sophie anget. Temperaturnya 38 derajat. Ya wes, setelah dapet ijin gua langsung balik. Anaknya masih aktif dan mau makan. Tapi menjelang malam kok demamnya makin tinggi ya?

Akhirnya dikasihlah obat penurun panas (sanmol drop) ke sophie. Ditunggu 2 jam kok demamnya bukannya turun malah tambah tinggi? Gua panik doong secara ga tau musti gimana kan sebagai mama baru. Nyokap suruh kompres pake air hangat tapi gak nolong juga. Waktu itu kebetulan ada keluarga nyokap lagi nginep di rumah dan anaknya masuk rs dong, jadi nyokap kebagi 2 antara sophie dan cucu ponakannya.

Malem, bonyok jenguk cucu ponakan ke rs. Gua sama adhi takut banget sophie kenapa2. Gue nenenin aja sophie terus supaya banyak cairan dan sering pipis. Sophie sendiri rewel banget. Lemes pula gak mau main maunya nempel aja. Pas cek suhu, haduuh malah jadi 39,7. Kasih sanmol lagi, tunggu sejaman kok ya malah naik jadi 40,5! Waduuh nangis deh gua.. dan diperparah sama nenen gue digigitin sophie! Aselik, gua pikir doi kejang! Tapi untungnya ternyata enggak.. gemes aja kali si bocah ma nenen gua.

Udah demam tinggi begitu, gua ajakin adhi bawa sophie ke ugd. Di mobil anaknya merem malah gue bangunin, wkwkwk.. waktu itu gue takut sophie pingsan. Maklum perdana jadi ortu plus perdana anak sakit.. semua dihebohin.

Sampe ugd, sophie langsung dikasih obat dari pantat. Ajaib ya, setengah jam kemudian langsung turun panasnya. Bonyok langsung nyusulin gua ke rs. Lega sementara, kita pun pulang. Paginya, demam sophie tinggi lagi sampe 39,5. Hadooohhh langsung buru2 bawa ke dsanya sophie. Kebetulan pagi itu sebenernya udah jadwal ketemu dokter buat vaksin campak.. berhubung demam, vaksinnya gak jadi. Lagi2 sophie dikasih obat lewat pantat dan dokter bilang kalo besok demamnya masih tinggi harus dirawat. Sophie dibekalin obat penurun panas naprex drop (sanmolnya diganti). Pake naprex ini ternyata lebih cocok. Meskipun demamnya turunnya ga signifikan juga tapi paling ga ada penurunan lah dibanding si sanmol.

Sampe sore, kondisinya sophie gak membaik. Jangan tanya gua nangis berapa kali dah.. temen gue nelpon aja gue nangis. Abis ga tega banget lhooo liat anak sakit. Masih bayi pula waktu itu. Gue akhirnya ambil tas dan masukin barang2 keperluan sophie plus baju gua dan adhi. Kalo sampe jam 6 sore ga ada perubahan, gue mau sophie di rawat inap aja. Dan ternyata memang begitu kenyataannya. Jam 6 kita cabut ke rs. Sebenernya gua gak mau ini terjadi tapi sepertinya gua ga punya pilihan lagi. Gua takut kalo sophie harus diinfus. Mikirinnya aja bikin merinding.

Sampe ugd penuh banget. Sophie di handle sama bidan yang waktu sebulanan dateng ke rumah buat liat sophie. Ternyata dia masih inget sama sophie. Gape banget megang bayi, sophie diem lho dikompres sama dia. Dan ketika waktunya diinfus, huwaaaa… tadinya gua mau keluar aja, ga tega liatnya.. tapi anaknya jerit2 minta gua peluk. Duuh.. penderitaan seorang ibu yaa.. (sambil ngeblog inget kejadiannya pengen nangis lagi) perlu 3 orang buat pegangin sophie.

Selesai diinfus anaknya ngamuk sejadi2nya sampe gue diminta keluar dari ruang ugd. Bener2 gede suara jeritannya lho. Nangisnya yang nangis marah ngamuk gitu. Maap ya, naaak.. demi kebaikan kamu kook.. lumayan lama tenangin si sophie. Sementara Adhi urus administrasi kamar yang prosesnya lama aje. Nungguin sekitar sejam, akhirnya kamarnya beres. Pas susternya mau pegang sophie, diamukin langsung sama anaknya. Susternya sampe loncat mundur “waduw galak amat bu??” Gua cuma bisa cengengesan lemes “iyah.. kesel dia diinfus..”

Sampe kamar suster ninggalin gua beduaan sophie. Di situ gue baru lega. Akhirnya sepi juga. Abis itu gua merinding.. baru nyadar cuman beduaan sophie di kamar segede itu. Di rumah sakit pula. Wkwkwwk.. sempet2nya. Untung gak lama adhi nongol. Habis itu cicinya adhi nongol. Kemudian temen gua nongol. Bonyok juga nongol. Rame dehhh..

Besokannya sophie udah ga demam tapi sorenya muncul bintik merah. Kata yang tua2 (yakni nyokap dan mertua gua), itu bintik keluar gara2 demem tinggi kemaren. Ya wes gue sih percaya aja, tapi makin malem makin buanyak… susternya sendiri bilang akibat demam. Tapi sampe besokannya lagi, itu bintik makin banyak dan sophie demam lagi! Uh oh.. suster pas ngecek bilang “Bunda, sophie ga boleh pulang ya hari ini.. bintik2nya kayanya bukan karena bekas demam.. nanti dokternya yang periksa yaa..” lemes de gua dengernya. Ada apa sebenernya ini?? Sophie sih udah jauh lebih seger dan selama di rs kerjaannya jadi monyet, nyemilin pisang. Oiya, sophie juga pupnya gak solid dan sehari bisa 5-6 kali. Makanya dikasih pisang banyak2. Untung doyan.

Waktunya dokter visit, setelah cek sana-sini, sophie disimpulkan kena campak. Campak?? Nular dari manaa cobaaa? Seinget gua sophie gak deket2 sama orang yang kena campak. Bahkan harusnya sabtu kemaren dia suntik campak, tapi kok sekarang malah kena campak?? Campak.. campak.. campak..

Ah..  ya sudahlah. Memang sudah begini jalannya Sophie dapet antibodi campak. Sophie pun semenjak terdiagnosa campak berangsur2 membaik. Cuman kasian aja sebadan penuh banget sama bintik merah yang mulai menghitam. Katanya sih kalo campak gak bikin gatal yah, tapi dokternya tetep kasih bedak dingin sih.. yang melegakan akhirnya sophie boleh lepas infus! Yeaaahh.. sebenernya selama diinfus anaknya cukup kooperatif. Tuh infus gak dipegang2 dan gak kepo dia. Cuman kadang2 tangannya suka dibanting. Refleks kali ya, tapi guanya yang dag dig dug duer..

image

Awal2 demam

image

image

Kecapekan ngamuk

image

image

image

Sumringah mau pulang

image

Kenang2an sebelum lepas infus

image

Bintik merahnya penuh

image

Seminggu kemudian

Setelah sakit campak itu, sophie sempet beberapa kali demam tinggi lagi dan intervalnya berdekatan, tapi untung sembuhnya cepet. Lewat setahun umurnya, baru deh jarang sakit lagi. Sakit demam pun sekadang cuma pake naprex langsung turun. Kalo bapil sejauh ini sophie baru sekali gua kasih obat karena waktu itu batuknya lumayan lama. Kalo pilek, ingusnya gak pernah lebay malah cenderung malu2 keluar (apa siih?).

Naaah… sampai pada akhirnya minggu lalu (maap ya belon kelar ceritanya) anaknya bangun pagi dikasih sarapan baru masuk satu sendok langsung muntah. Gua pikir muntah biasa. Tapi anaknya habis muntah jadi lemes dan minta tidur. Ya wes lah gua ajakin tidur. Gua masih tenang tuh karena selama ini sophie ga pernah muntah lebay. Gua pikir paling dia keselek kali ya..

Siang, anaknya bangun dikasih makan eeh dimuntahin lagi doooonnggg.. naaah mulai de naluri panik muncul. Ada apa ni ya? Semalem makan apa ya? Kebanyakan makan kali ya? Ketularan temen di sekolah? Secara kemaren juga ada yang muntah2.. Sambil mikir gitu anaknya minta bobo lagi. Tumben2an banget seorang sophie bobo berkali2 dalam sehari. Bobonya sih paling sejam, tapi pas bangun waduuhh langsung muntah di tempat doonngg banyak bangettt.. sophie sendiri kayanya kaget gak pernah muntah begitu, langsung nangis2 dia. Sampe jam 3 gua itung dia muntah 6 kali! Ganti baju sampe 5 kali. Hiks… setres gak seeeh.. Herannya sophie masih bisa milih lagi mo pake baju yang mana. setelah muntah terakhir, anaknya minta makaroni. Ya wes gua rebusin dah tu makaroni. Polos gak pake apa2. Anaknya mau makan setengah. Lumayaaan banget deh. Habis itu tampangnya kek mo muntah lagi..

image

Kasian lemes

Tapi untungnya gak muntah dan anaknya habis itu bengong dan ketiduran. Lagi. Pas gue cek badannya demam dong. Untung cuma 38. Bangun2 dia bilang mau muntah tapi untungnya gak keluar. Gua ajak boboan di kamar mainnya dia aja. Bokap akhirnya beli obat anti mual racikan dan kasih minum ke sophie. Anaknya pertama nolak kalo dikasih obat, tapi udah tau rasanya manis biasanya dia minta tambah. Wkwkwkw.. begitu obat racikan ini masuk, gak lama doi bilang mau muntah, udah disiapin ember aja depan mulutnya, eeh puji Tuhan yaa gak muntah. Habis itu dia bobo lagi. Seharian itu cuman bobo dan lemes aja.. huhuuu..

Jam 8 malem anaknya bangun dan minta makan. Gak makan banyak sih tapi lumayan lah. Gue lebih mentingin sophie minum yang banyak. Sedikit2 gue cekokin minum, trauma takut dia diinfus lagi. Gua tanya perutnya sakit ga? “Sakit..” mulutnya sakit? “Sakit..” kepala sakit? “Sakit.. anu juga sakit..” hmmmmm.. kok bisa ya anunya sakit? Gue berkesimpulan mungkin sakit perutnya deket ‘situ’ jadi dia mikirnya gitu. Gua tanya lagi sophie rasanya apa? Dijawab “rasa stroberi…” alaghh, sempet2nya srimulat. Pengen gue kelitikin tapi takut bocah muntah lagi.

image

Eniwei, semenjak dikasih obat anti mual tersebut sophie gak muntah lagi. Tapi demamnya 38,3. Akhirnya sebelum dia tidur lagi gue kasih naprex supaya badannya enakan dan tidurnya bisa nyenyak. Tengah malem doi bangun dong minta diputerin filem serian. Untung cuma nonton sebentar aja doi bobo lagi. Bobonya tenang malam itu gak kebangun2.

Besok paginya, gua dibangunin dia. “Mamaaa, minta makaaan!” Oalah seger banget ni anak?? Gua tanya dong sophie masih sakit ga? Mau muntah ga? “Enggak!” Wahh.. syukur dong yaa.. gue tes kasih makan bubur. Dalam sekejap habis. Trus langsung jumpalitan aja di kamar mainnya. Ketawa2 girang. Bener2 seger. Demam juga ilang. Puji Tuhan banget yaa.. tapi gue heran sebenernya sophie kemaren kenapa? Kejadian muntah2 itu baru pertama kalinya. Lemes seharian begitu juga baru pertama kalinya. Bikin takut, tapi kasih pengalaman juga buat gua. Untungnya Tuhan baik, sophie dipulihkan cepet.

Begitulah 2 peristiwa tentang sakit sophie yang menghebohkan keluarga. Semoga ke depannya Sophie gak bikin sakit heboh lagi (amit-amiiiitttt). Sehat2 terus ya sophie..

Emang musim sakit banget ya akhir2 ini. Jaga kesehatan yaa semuanyaaa..

14 thoughts on “Sakit

  1. Kesian ya pas yang campak itu 😦 tapi gpp lah masih bayi, drpd pas udah gede, khawatir bekasnya susah ilang *ngeliatin bekas cacar di badan sendiri* Huahaha yang rasa stroberi itu lucu amaaatt, untunglah sophie udah sembuh dan semangat lagi ^^ Sehat terus ya cici sekeluarga 🙂

Leave a Reply

