Borobudur Temple… At Last!

Jadi selama ini ga pernah ke candi Borobudur? Gak pernah. Liatnya dari tipi doang.

Kasian…

Iya kasian yaa.. abis gak ada yang ngajakin siiih.. ataupun kalo gua inisiatif ngajakin anggota keluarga mereka ga mau. Alesannya udah pernah. Lho kok mereka udah pernah pegi gua ga diajakin? Jaman dulu pas gua diboyong liburan ke sydney sama tante gua, bonyok ajakin kakak gua road trip ke jawa. Nah, giliran kakak gua yang diboyong ke sydney, bonyok gak ngajakin gua kemana2! Gak adil banget.. Gua inget gua marah2 karena mereka keliling jateng ga ajak2 gua. Trus malah gua yang berakhir diomelin dibilang ga bersyukur. Eh bukannya ga bersyukur yaa.. tapi kan ga adil gitu. Gua juga kan kepengen banget liat candi Borobudur. Isssh.. kalo inget sampe sekarang masih sebel.. *dendaman*

Jadilah candi Borobudur gua masukan ke dalam bucket list gua. Bucket list gua sebenernya ga jauh2 dari keliling Indonesia.. *cintai produk sendiri* Suatu hari nanti, aku pasti akan menginjakkan kaki di candi Borobudur!! #tangan_mengepal #mata_berkaca2 #muncul_ombak #tiba2_berdiri_di_pinggir_tebing

Lalu saat itu pun akhirnya tiba.. *jeng jeeeenggggg*

Pas sampe ke Borobudur, pas mendung. Adhi karena beberapa bulan sebelumnya baru dari sini nemenin tamu, jadi dia tau akses yang lebih enak dan ga perlu jalan jauh. Kita masuk candi lewat hotel Manohara. Bayarnya lebih mahal. Seorang kena 120ribu (sunset dan sunrise beda harga). Anak2 di bawah 5 tahun free. Kenapa harus dari manohara ya? Soalnya bonyok ga mau naik ke borobudur karena udah pernah. Mereka mau jagain Sophie aja. Katanya kan kudu nanjak2, kalo bawa Sophie bakalan repot gendonginnya. Nah, kita kudu kasih tempat nyaman dong ya buat bonyok nemenin Sophie. Makanya kita minta bonyok santai di resto hotel manohara aja. Restonya ada kebun dengan akses dan pemandangan langsung ke candi Borobudur.

image

Setelah sukses ngebujukin Sophie, kencan singkat gua dan Adhi dimulai! Sebenernya pas masuk ke area borobudur ini, ga ada yang ngecek tiket sama sekali. Sampe mikir.. tau gitu ga usah beli tiket sekalian.

Gak usah ditanya lah ya serame apa. Haduh.. pokoknya bau ketek dimana2. Untung aja cuacanya adem.. Adhi langsung ngajakin ke tingkat yang paling tinggi dulu. Buru2 soalnya doi takut ujan. Emang dasar udah berumur, bujut naik tangga sampe mau semaput. Lagian yang bikin tangga ga kira2 amat sih batunya tinggi2 bangeet.. kalo ga inget ini Borobudur udah nyerah dah gua.

Setelah berjuang macam ninja, lompat sana lompat sini, akhirnya yaaaa.. akhirnyaaaa.. gua sampek juga ke puncak Borobudur! *trus baru inget lupa foto di paling puncak* Pas diatas baru ngeh ternyata pemandangannya W.O.W banggeeetttttt.. Hilang deh rasa capeknya. Tadinya gua pikir pemandangan dari Ratu Boko yang terbaik ya.. tapi dari atas Borobudur ini ternyata lebih menggetarkan hati. Sayang aja suasananya tetep menang Ratu Boko, soalnya lebih sepi. Di Borobudur ini terlalu rame, jadinya kurang syahdu kalo mau nyanyi rayuan pulau kelapa.

Kalo liat ramenya, sebenernya males juga foto2 di sini.. tapi kadung dah nyampe mah kudu yaaaa..

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Udah eneq belom sama foto2 guaaa? Wkwkwkwkwkwk.. ngakunya males foto tapi hasilmya banyak bener. maklum kan pecah telor jadi kudu foto2 sampe puas. Sebenernya masih ada berapa puluh lagi foto gua, tapi udahlah.. nanti diblock lagi. Kwkwkwkkwkw…

image
Pemandangan yang gak kebeli

image

image

Puas di Borobudur, kita buru2 balik ke manohara. Karena beli tiket di hotel, aksesnya bisa langsung lewat jalan pintas. Pintunya ada yang jagain jadi ga bisa sembarang orang masuk. Gua pikir ga ada gunanya beli tiket, eh tnyata penting juga kwkwkwkkw… sekali2 akses khusus lha ya. Menyingkat waktu dan keringat. Pas jalan balik ke manohara pas2an sama Gajah!! Wiiii.. gak lupa foto dong yaaaa.. minta Adhi fotoin, tapi hasilnya bikin pengen nangis!

image
Adhi udah stress kali yaa

image

image
Selfie hasilnya gak oke jugaaa aarrrgghhh

Waktu ketemu gajah, di sebrang pagar ternyata Sophie lagi nontonin gajah juga. Diajakin naik gajah gak mau. Katanya cukup dipandangin ajah. Habis itu gantian gua kasih tiket gua ke bonyok supaya mereka bisa liat borobudur secara lebih dekat. Mereka sih gak naik, tapi mayan tuh berduaan foto2 pake background borobudur. Gua juga ga lupa foto sama sophie…

image

Untung aja kita sampe hotel pada saat yang pas! Karena 15 menit kemudian, hujan turun deras bangeeeettt.. enaknya karena kita di restoran hotel ya tinggal nunggu mobil jemputan di lobi. Secara sepupu gua milih akses langsung dari borobudur, mereka keujanan deeeh.. kudu berteduh 1 jam dan itupun basah semua. Trus gua yang bersyukur. Ah gapapa lah ya bayar lebih mahal tapi tetep kering dan gak cape2 amat.. fufufu.. *tertawa di atas penderitaan orang lain*

See you next time, magnificent Borobudur!

10 thoughts on “Borobudur Temple… At Last!

  1. Hmmm pengen ke Borobudur bawa mertua dan mama tapi kalo mesti naik-naik tangga gitu belum tentu mereka sanggup kali ya.
    Bagus banget ci foto pemandangan Borobudurnya, bikin makin mupeng.

  2. Duh, baru baca cerita ke Jogja nih lgsg rapel sepagian ini. Tiba-tiba ngakak pas liat foto mbak sama gajah, tp fokus fotonya malah ke gajahnya hahahaha. btw kayaknya seru ya mainmain liatin candi, belum pernah liat borobudur jugaa! Fotonya bagus-bagus bgt, viewnya juga sendu-sendu gimanaa gt. Yah, mungkin di masa depan nanti….. (hiks)

Leave a Reply

