Taman Sari Water Castle

Kayanya Taman Sari ini satu2nya tempat wisata di tengah kota yang gue kunjungi.. dan gua suka banget.

Taman Sari ini letaknya berdekatan sama keraton. Seperti biasa.. rameee di depan loket. Taunya pas masuk gak segitu ramenya sih.. Tiket masuknya kalo gak salah 5rb per orang. Lalu di pintu masuk, akan ada ‘guide’ yang langsung ngambil tiket kita dan menjelaskan sejarah singkat soal taman sari. Guide ini sifatnya sukarela. Karena dia langsung ambil tiket dan langsung main cerita, kita mikirnya wah, dijebak. Tapi ya udahlah toh jadi tau ceritanya juga. Sebenernya agak percuma juga gua pake guide, karena gua banyakan sibuk jeprat jepret ketimbang dengerin dia cerita 😅.

Inti yang gua tangkep tentang Taman sari ini adalah tempat peristirahatan keluarga keraton pada jaman dahulu. Taman sari ini dulunya taman bunga, tapi sekarang jadi rumah penduduk. Nah, di Taman Sari Water Castle ini adalah tempat dimana para dayang (atau selir?) Disuruh mandi ramai2 untuk nantinya akan dipilih satu oleh Sultan untuk tidur bersama. Uuuuwww.. Ada ruang khusus buat Sultan ngintip dan tempat tidurnya juga ada di ruangan khusus.

image

Mungkin ini ruang sultan pilih2..

image

Ini tempat tidur buat sultan dan pilihannya. Dibawahnya itu ada tempat buat pengapian supaya selalu hangat.

image

image

image

image

image

image

image

Pas gua ke taman sari, pas cuaca cerah dan kebetulan ga terlalu rame. Jadi bisalah kita foto ala2 sok sepi. Tapi sebelnya giliran foto gua kok ada aja orang lewat. Iihhh.. Karena cuaca cerah tersebut, foto yang gua dapat tentu bisa bagus. Makanya Taman Sari ini gua nobatkan sebagai ‘the most instagenic place’ selama trip gua ke jogja.

image

image

image

image

image

image

Selain water castle, gua dan adhi lanjut liat tempat sholat yang harus melewati rumah penduduk dulu.

image

Rumah penduduk yang artistik, banyak dijadiin toko kerajinan

image

image

Lorong di sepanjang jalan menuju tempat sholat ini warna-warni banget. Banyak mural, banyak toko yang ngejual seni. Seru! Sampe bingung mau jalan sambil mengagumi apa mau foto. Sekitar 5 menit, kita sampai di tempat sholat yang harus masuk ke bawah tanah dulu. Creepy… ini tempat katanya pernah dipake uji nyali, entah bener apa enggak. Kalo kata guidenya sih ga pernah.. ah doi ga pernah nonton dunia lain dan uka2 barangkali..

image

Kalo sendirian males banget sih

image

image

image

image

image

Untuk gua pribadi, Taman Sari ini jadi tempat yang paling memuaskan buat gua. Puas liat tempatnya yang bagus. Puas dapet foto2 yang oke. Puas karena gak terlalu rame. Oh iya, di perjalanan pulang menuju jalan keluar, kita harus lewat lorong bawah tanah lagi. Nah, di situ ada musisi jalanan yang ngamen. Gile meeen.. keren abiisss.. udah musiknya ga ecek2, suaranya bergaung pula. Sampe merinding dengernya. Gua perasaan ada fotonya tapi kemana yaa..

Seneng banget di sini! Masuk mobil disambut sophie dengan berurai air mata. Ahahaha.. maap ya, nak.. mama keasikan..

14 thoughts on “Taman Sari Water Castle

  1. 1. WOW SULTAN.. hmm bandel ya Sultan yaa *jiwit*
    2. kesel liat coretan tangan usil di dalam ‘tempat ngintip Sultan’
    3. bwahahahaha :)) emang ya, kalo kita yang ambil foto bisa bagus.. keliatan sepi, gilirang kita yang difoto …. gak blur aja udah bagus *pukpuk Nadia* tapi yang di tempat skeri bagus kok, sendirian -_-
    4. ini cerita di Jogja awet banget – hebat telaten banget, kalo aku liburan seminggu kuceritain ke 1 post kali saking susah fokus :))

    • 1.Asik yaa jadi sultaaan wakakakak..
      2. Iya sebel banget kenapa kok ya orang usiiil aja gitu
      3. Nasib oh nasibb.. yng di tmpt sholat pada antri tash, jd bisa foto ala sepi2
      4. Wkwkwkwk.. jangan2 sampe imlek masih nyeritain jogja

  2. Kalo sultan nunjuk dari jauh trs yang dibawa malah perempuan yang salah gimana ya? *dipikirin* Huahahah
    Berarti dulu itu dingin banget kali ya jadi tempat tidurnya mesti diangetin 😀
    Lorong bawah tanah itu creepy tapi keren banget ya, cakep buat foto-foto kayak lagi dimanaaaa gitu 😀

  3. Sy mah sm supirnya dianter dr belakang masuknya, ada guide nya jg sih jd asik dgrin cerita. Nah tp ceritanya bs agak beda ya hahaha.. Si tempat tidur itu kl sy sih dblginnya tempat sauna bwhnya buat dipanasin dan dikasih rempah2 😄 Terus ud smp depan bayar tiketnya seorang 5rb plus kliatan bw gopro jdi ditambah 5rb lg buat kamera. Seruuu ya tapiii bgsss deh tempatnya 😆😆

Leave a Reply

