Gerhana Matahari Jakarta (Yang Dilihat Dari Balkon Rumah Sendiri)

Tadinya gua diajakin ke Palembang sama cici sepupu gua yang tinggal disana buat nonton gerhana matahari total dari jembatan ampera. Mau banget secara kan fenomena alam yang langka banget dan ga perlu ongkos hotel segala. Tapiii.. pas udah deket waktunya, nyokap gak mau ikut. Lalu nyokap bilang gua pergi sendiri aja. Sophie sama nyokap di jakarta. Hmmm.. ide baik tapi gua jadi ragu. Pas gua cerita ke Adhi, udah tau deh respon Adhi apa. “Kasian si Sophie kamu tinggalin gitu…” Ah.. udah ga mau argumen panjang lebar deh. Gua putuskan untuk gak jadi ke Palembang. Nyesel sih.. wkwkwkkwkw.. tapi ya, anak tetep prioritas. Kalau pun gua ajakin Sophie ke Palembang, yang ada mah gua rempong aja nantinya juga. Gua minta cici sepupu gua untuk laporan langsung dari sana via WA sajalah…

Gua tuh baru tau semalem loh kalo Jakarta kebagian gerhana juga meskipun gak total. Nah loh, kemana aja luuu? Ya abis yang dihebohin kan yang kotanya dilewatin gerhana total aja. Pas tau kalo di Jakarta juga kebagian gerhana tapi cuma 88%, gua jadi keder sendiri pengen liat. Ngajakin adhi ke ancol pagi2 doi ga mau. Buat dia gerhana matahari gak menarik dan gak penting. Kesel sama Adhi.. Jadi aja semalem tidur gua gak nyenyak! Sempet mimpi nontonin gerhana dari Ancol segala. Bangun2 sampe capek sendiri.

Bangun tidur langsung browsing instagram dan path tapi sepi2 aja. Gua juga ga ada persiapan apa2 mau liat gerhana dari balkon lantai atas secara baru tau semalem. Kudu gimana atuh ya?? Lalu lanjut kepo2in ig orang2 dan ngeliat satu foto di ig dimana orang tersebut liat gerhana pake isi film negatif! Hmmm.. kayanya gue masih ada satu roll belom kepake. Pas bongkar2 lemari, ketemu!! Langsung buka, pake kacamata item, naek ke lantai atas dan keluar ke balkon. Cuaca di jakarta pagi tadi cerah banget dan mataharinya pas banget di atas rumah. Tanpa awan sama sekali.

Lalu eksperimen dimulai.. dicoba liat pake film negatif dan.. berhasil! Bisa liat gerhananya dong! Meskipun jatuhnya kecil banget tapi yang penting keliataaaan.. Aku happy..!! Langsung bangunin bokap dan ajakin liat gerhana. Bokap malah nyalain tv dan nontonin berita. Ah, papa.. Tapi gak lama bokap nyusulin gua ke atas karena penasaran emang beneran bisa diliat gitu gerhananya? Pas gua kasih tau caranya, bokap terpesona dong! “Wah, iya bisa! Woww.. ini udah bentuk kaya bulan sabit.. wah, ini mah terakhir kali deh papa liat gerhana..” Gua liatin bokap. Lalu hening. Lalu jadi sedih… #hiks

Terus nyokap teriak dari bawah. Ditanya kenapa katanya tv di kamar tidurnya meledak. Lah?? Apakah tv meledak efek dari gerhana matahari? Aneh juga.. Akhirnya nyokap ikutan ke balkon dan liat langsung. Adhi kekeuh lho ga kepengen liat. Bisa ya dia lebih milih tidur daripada ngeliat sesuatu yang fenomenal begini. Kadang gua gak ngerti sih.. tapi ya sudahlah.. selera orang emang beda2.

image

Liat pake negatif roll film jadul

image

image

image

image

image

Kayanya ini waktu gerhana maksimal di Jakarta

image

image

Di zoom maksimal dari kamera HP.

image

Bokap yang asik nonton dan langit yang super biru.

Maafin kenorakan gua yah.. hehehe.. gua cuman kelewat seneng bisa liat gerhana matahari dari rumah sendiri dan dengan cara sederhana. Waktu gua post foto gua di path, temen gua langsung nyobain juga, tapi pake hasil roentgen! Wkwkwkwk… Cara ini akhirnya ditiru kakak gua yang lagi di singapura dan kebetulan check up jadi bawa hasil roentgen juga. Untung dia masih keburu liat gerhananya meskipun di Singapura cuma 70% katanya.

image

Pinjem fotonya temen

Posting foto temen2 gua yang daerahnya dilalui gerhana matahari total keren2 banget!

image

Sengaja ke palembang demi liat gerhana total

image

Temen yang tinggal di balikpapan

Kalo liat gerhana yang gua foto kok ya gak imbang banget wkwkwkwkwkwk…

Gua juga baru tau kalo ternyata pas gerhana total itu jadi gelap gulita yaaa.. heboh juga. Cici sepupu gua ngirimin video. Waktu sebelum dan sesudah gerhana total yang dari terang ke gelap banget lalu terang lagi. Anak2nya sampe takut kata cici sepupu gua. Hehehehe..

Well, hari ini heboh banget sampe kurang tidur. Bersyukur ya.. Tuhan maha besar dan penuh kuasa banget. Bersyukur masih dikasih kesempatan buat bisa liat gerhana matahari secara langsung hari ini.

N.b. Meskipun gua udah ngijin sama temen2 gua untuk minjem fotonya, tapi sampe post ini dipublish mereka semua belom menjawab. Jadi kalo sampe fotonya hilang, artinya temen2 gua gak ngijinin fotonya dimasukin. πŸ˜€

21 thoughts on “Gerhana Matahari Jakarta (Yang Dilihat Dari Balkon Rumah Sendiri)

  1. Iyaya seru bgt tuh gerhana, bangun tidur liat path isinya postingan gerhana semu.. Saya disinih?? Hujan dari pagi boro2 ada matahari haha πŸ˜… asik jg ya kl bs ngerasain yg full langitnya pake acara gelap dulu sebentar gitu 😁

  2. Aku juga ga minat dan ga excited ngeliat gerhana hahahah. Abisnya menurut aku “begitu doang” sih. Lebih excited kalo liat pelangi kayaknya LOL. Alhasil aku tidur ampe jam 10 kurang baru bangun. Sedaaappp~~ πŸ˜›
    Tapi ternyata untung juga ga ngeliat, soalnya ternyata ibu hamil emang ga boleh ngeliat ya katanya hahahah πŸ˜€

  3. Bagus bangeeet foto tmen2 lu nad..gw ga nonton kebablasan tidur hikzzz padahal pengen.. Tp yg full lebih seruu banget gambarnya..

  4. Meskipun di Makassar cuma gerhana sebagian, tp malah kyk berasa lebaran deh, smua pada heboh mau ke Anjungan untuk sholat gerhana berjamaah. Tapi lucu juga ngeliat orang2 yg pada tepuk tangan pas gerhana total, trus pada teriak uuuuuuhh pas awan nutupin gerhananya. Dikira pertunjukan seni kali ya.. Hihihihihi.

Leave a Reply

