Potty Trained Sophie

Jujur ini salah satu hal tersulit yang pernah gua lakukan seumur hidup gua selain ngerjain ulangan matematika. Wkwkwkw.. progressnya dari awal mulai sampai berhasil itu sekitar 2 tahun. Sementara ngerjain mat itu untuk durasi 2 jam, gua cuman bisa ngerjain 1 soal itu pun salah! Kyaahahahahaha.. *kok bangga??*

Awal mula membujuk sophie untuk coba pipis atau pup di potty ini penuh drama. Umur 18 bulan gua kenalin sama potty. Mulai dari beliin dia potty beneran buat bayi yang lucu supaya dia tertarik pup, ga pernah dipake dan akhirnya jadi pajangan di wc. Beliin dia tambahan dudukan (apa sih namanya tuh?) Yang gambarnya imut2 macam winnie the pooh, anaknya ga mau juga. Sophie milih minta yang frozen. Udah dibeliin yang frozen, masih juga maju mundur.

Bondingnya sama diaper lengket bener. Kalo gua dapet sponsor mami poko gratis sih gapapa deh yaa.. masalahnya diaper makan duit benerrrr.. Umur 2 tahun, mulai mau kalo diajakin pipis, tapi belom mau kalo diminta lepas diaper. Emang kudu sabarrrrrr deh ngelatih anak yaaa.. Gua lagi tipikal senggol dikit, bacok. Selain melatih potty train, gua juga melatih kesabaran diri sendiri nih. Gua juga sering males sih kalo udah liat anaknya ogah2an. Jadi aja diaper lagi diaper lagi.

Suatu hari Adhi memotivasi gua “Ah.. kamu mamanya masa gak bisa bujukin anak? Kurang usaha kamu. Padahal gak ngapa2in..” Nih orang motivasi apa ngajakin berantem sekadang emang beda tipis. Panas doong guaa digituiiin.. Herannya tiap kali diomongin ga enak, gua malah kemotivasi buat usaha lebih. “Liat yaaa.. liat aja nantiiiii….!” Dalam hati ngomel2 banting2 barang, tapi ternyata kenyataannya positif buat gua. Wakakakakak..

Setiap siang lepas diaper. Per 2 jam, bawa ke WC. Konsisten! Biar anaknya nangis gak mau, gua tongkrongin. Satu bulan kemudian, Sophie udah terbiasa siang hari tanpa diaper dan bisa bilang kalo mau pipis. Namun demikian sodara2, namanya juga belajar ya.. Sophie kalo ngomong pas bener2 udah kebelet dan berakhir pipisnya keluar duluan sebelum nyampe WC. Kejadian lainnya seperti saat Sophie bobo siang dan dia ngompol. Gua sabar ga dalam menangani hal ini? Kadang sabar kadang enggak. Hehehe.. Kalo habis ngompol dia diem aja sih gua sabar.. tapi Sophie sering banget tantrum habis ngompol. Yang ada akhirannya kita berantem. Sempet kejadian beberapa waktu nih. Capek lho. Dibaikin salah, didiemin salah, dibujukin salah, dimarahin tambah salah. Jadi gua musti gimana coba? Berakhir nangis aja deh dua2nya wkwkwkwkwk.. Kalo inget pas Sophie umur 2 tahunan tuh bener2 deh menguras tenaga dan emosi gua banget.

Semenjak umur 3 tahun, frekuensi sophie pake diaper tambah jarang. Cuma waktu perjalanan jauh macam jakarta-bandung dan tidur malem. Kalo di mal kadang pake kadang enggak. Lama2, Sophie minta ga pake diaper lagi kalo ke mol. Pertamanya gua ragu apakah dia bisa nahanin pipis selama gua ajak dia nyariin WC? Sophie kekeuh bilang bisa. Ternyata dia memang bisa meskipun nahannya sambil loncat2 dan senewen. Untung sekadang ibu2 di WC baik kasih Sophie duluan. Ga tega kali ngeliat Sophie break dance depan pintu WC hahaha.

Semenjak masuk sekolah, awalnya masih gua pakein diaper. Missnya bilang ke gua, kalo Sophie ga pake diaper juga gapapa. Sampe ngompol pun gapapa. Gua diminta selalu sedian pakaian ganti aja di tasnya sophie. Akhirnya gua cobain. Hari pertama lepas diaper di sekolah, pas pulang celananya beda dong. Anaknya ngompol. Kata missnya, dia udah bilang mo pipis tapi keburu keluar di jalan. Sampe sekarang akhirnya gua ingetin kalo mau pipis jangan tunggu sampe kebelet baru bilang. Kalau udah berasa kepengen pipis, langsung ngomong jangan ditahan2. Namanya juga Sophie yaaa.. melengos aja dinasehatin gitu. Ih sebel banget. Tapi ya semenjak itu lancar jaya sih seragamnya selalu sama. Pernah kejadian 1-2x lagi doi kebablasan, tapi ya udahlah yaa..

2 bulan terakhir Sophie minta pake celana aja kalo malem. Gak usah pake diaper lagi. Gua okein. Adhi gak okein. Padahal dia bobo bareng sophie juga kagaa.. “Kamu yakin dia udah siap? Nanti ngompol repot loh kamu bersihinnya..” Kan ada seprei alas ompol, dhuut.. Lagian anaknya sendiri udah minta, berarti dia udah siap doong..? “Ya terserah kamu, ya.. Jangan ngomel2 ya kalo dia ngompol nanti. Kan kamu yang repoot..” ISSSHHHH.. buang body banget sih ni orang?? Ni anak emangnya bisa nongol dari vending machine apah?? Liat aja yaaaa.. liat aja nantiii..!

Udah sebulan ini sophie total lepas diaper. Setiap malam pas sebelum bobo, gua ajakin sophie pipis dulu. Malem pertama sophie lepas diaper, gua ga bisa tidur. Gua bangunin sekali buat dia pipis. Sophie merem melek nyadar ga nyadar gua gendong ke WC. Pipisnya cuma seiprit doang. Besokannya gua coba gak bangunin. Sukses. Dari sebulan ini, cuma sekali dia ngompol. Hihihi.. tapi baru sedikit pipisnya dia langsung bangun dan nyadar lalu minta ganti celana.

Sekarang malah sophie bisa buka celana dan pipis atau pup sendiri tanpa gua temenin. Kadang2 doaang.. Kalo malesnya kumat, sampe ke buka celana aja kudu gua. Sophie oh, Sophie..

PR gua tinggal satu, ingetin sophie untuk selalu bilang dan bangunin gua kalo dia mau pipis malem. Sophie belom pernah kebangun sendiri buat minta pipis. Kalo udah bisa bangun sih berarti udah sukses banget yaa.. tapi ya emang lebih enak kalo malem mah bobo aja ga usah bangun2 pipis. Hihihi..

Selamat tambah besar ya, Sophie.. coba sekarang cengengnya yang dikurangin dong.

image

Si badungnya mama

40 thoughts on “Potty Trained Sophie

  1. Ahahahaha selamat yaa Sophiee.. sudah lulus toilet training.. kalau cengneng, mungkin sudah kodrat anak cewek mamiii hehhe..

    btw, aku ingat masa-masa pakai pospak ituu.. hadeuuuh, waktu kadang kalau dipakai tapi masih kering kerontang tu gemes yaaa… ini bayar dek, ini bayar..

  2. Semangat Nad, biar kata cuma denger cerita temen2 gua, prosesnya memang gak gampang, tapi kalau dah beres, lega banget dehh si mama.. Ayo, Sophieee, kamu bisa nakkk..

    • Ribet, liiip.. ya anak2 ada versi ribetnya masing2 dah. Ada yg ribet ga mau makan, ribet ga bisa diem. Hiks hiks.. ya seiring dengan berjalannya waktu deh yaaa.. akhirnya lewat juga satu per satu. #gaklamalagikawin

  3. Sophie Mailaf! hebat kamu! ā¤ ā¤ *tebar tebar bunga* Kara nih, masih suka nahan poop. Kalo gak ke-gep dan ditanya dia bakal tahan terus tuh poop -_- sebel

  4. awal2 emang kudu kita yang bangunin bawa anak kencing biar gak accident… tapi ntar lama2 pasti mereka bisa nahan sendiri sampe pagi šŸ™‚

Leave a Reply

