Sangjit Ala Singapore

Buat yang gak tau sangjit, gua jelasin ya sangjit versi abal2 gua. Ini abal2 lho yaa.. Yang percaya syukur.. yang gak percaya, mohon buka google.

Sangjit itu tradisi cina dimana sebelum memasuki tahap pernikahan, ada proses seserahan dulu dari pihak cowo ke pihak cewe. Sangjit ini beda sama lamaran. Kalo lamaran biasanya pihak ortu cowo datang meminta anak cewe untuk jadi mantu dan di ‘iket’ sama kalung. Sementara sangjit itu biasanya dilakukan dekat2 tanggal pernikahan. Syaratnya sih menurut gua variatif ya.. tergantung pihak cewe mintanya apa aja. Standarnya sih emas, duit susu, buah2an, buah kaleng, baju, sepatu gitu2. Yaa.. mungkin ada juga yang minta rumah, minta pulau, minta lautan, minta bintang di langit.. *mo sangjit apa mo malak?*

Gua pribadi gak ngerti samsek soal sangjitan soalnya waktu nikahan dulu gak pake sangjitan. Ya malahan kalo bisa gak pake pesta2an hahahaha. Gua gak suka ribet2. Menurut gua buang2 uang. Tapi balik lagi namanya pernikahan kan bukan 2 orang menyatu ya, tapi 2 keluarga yang menyatu. Yang ngejalanin pernikahan emang 2 orang, tapi yang ribet segambreng. Para tua2 kalo gua ngomong gini, langsung pada protes. “Eh lu nanti giliran anak mo kawin lu yaa.. baru lu mikirnya beda! Lu pasti mau meriah punya pesta anak lu!” Hmmm.. ya, semoga aja gak sih. Gua dari dulu gak suka pesta heboh2. Gua suka pesta kecil yang cuman dihadiri orang2 terdekat. Kalo buat gue siiih… Hemat juga, bro n sis.. #numpangcurcol

Kembali ke acara sangjitan. Jadi gimana prosedur sangjitan di singapura?? Ya sama aje.. kan yg kawin orang2 kita juga hahaha. Jadi adik sepupu gua dan calonnya emang udah sama2 kerja di SG. Sekalian pas hari sangjitan itu mereka juga mau legalise civil marriage di SG karena daftarnya udah berbulan2 lalu. Gua sih kalo disuruh ikut anter2an mah demen. Soalnya dapet angpao kwkwkwkwk!! Kemaren angpaonya dobel karen gua karyakan Sophie juga tihihi.. #emakmatre.

Primadona. Paling kecil sendiri jadi mainan semua orang.

Sophie dengan barang2 seserahan. Jadi Primadona. Paling kecil sendiri jadi mainan semua orang.

Sepupu gua tiap foto kudu gendongin Sophie. Sampe diprotes masa prewed gendong2 anak??

Sepupu gua tiap foto kudu gendongin Sophie. Sampe diprotes masa prewed gendong2 anak??

Gua rasa calon bininya sebel ma Sophie wkwkwkwkw.. "Kok kamu gendong2 Sophie terus, aku enggak??"

Gua rasa calon bininya sebel ma Sophie wkwkwkwkw.. “Kok kamu gendong2 Sophie terus, aku enggak??”

Numpang difotoin sama mas fotografer

Numpang difotoin sama mas fotografer

cymera_20161114_105014

Yang unik itu waktu ke ROM (Registry Of Marriage) Civil and Muslim di daerah Fort Canning. Gua kan emang gak pernah ke kantor catatan sipil seumur2. Pas kawin dulu petugasnya yang dateng ke gereja. Nah, jadi pas ke sana gua langsung norak lah. Banyak banget yang pake baju penganten sederhana dan cakep2. Datengnya sendiri2, nunggu antrian, masuk ke ruangan gak sampe 5 menit, kelar! So simple. Saking simpelnya gua sampe ngiri dan pengen ulang nikahan gua dengan minjem baju salah satu pengantin cewe sekaligus minjem si groom karena OMG ganteng bangeeeettt… *di deportasi adhi*

Sekilas tempatnya

Sekilas tempatnya

Kalo yang asli orang singapura, mereka gak bawa2 banyak tamu. Biasanya cuma didampingin sama ortu, saksi dan bff mereka aja. Nah kalo kemaren pas giliran sepupu gua, yang masuk seabrek. Kaya mau tawuran hahahaha. Ada kali 30 orang di dalem ruangan.. Tapi kan ada pepatah yang bilang… ‘Gak ada kita gak rame, cyiin..’ – pepatah bences.

Waktu di dalem ruangan kita gak boleh berisik. Boleh foto tapi gak boleh pake flash. Begitu selesai semua baru kita tepuk tangan. Jiaah.. Sophie marah doong.. “MAMA GAK USAH TEPUK TANGAN YA!!!” Kenapa mamanya tuh gak boleh tepuk tangan, gak boleh ketawa, gak boleh ngomong keras2…? Sensi banget jadi bocah.

Di gedung itu udah disediain backdrop dan taman buat foto2. Ada toko yang jual keperluan wedding segala. Jangan ditanya. Nemu tiang listrik aja kita foto, apalagi nemu backdrop. Untung gak rubuh. Yang nemenin kawin hebohnya ngalah2in yang kawin. Eh ini jadinya sepupu lu tuh udah kawin apa belom? Katanya tadi sangjit? Eke bingung juga, bo. Yang pasti di negeri singa itu mereka udah resmi sih.

Proses catatan sipil

Proses catatan sipil

Itu cuma keluarga kita doang, belum sama keluarga yang pihak cewe. Sophie marah besar gua foto berduaan sama sepupu gua. Habis gua diomelin, "Mama jangan pernah foto sama om lain yaa.. Mama cuma boleh foto sama papa!!" Maapin mama, Sop..

Itu cuma keluarga kita doang, belum sama keluarga yang pihak cewe. Sophie marah besar gua foto berduaan sama sepupu gua. Habis gua diomelin, “Mama jangan pernah foto sama om lain yaa.. Mama cuma boleh foto sama papa!!” Maapin mama, Sop..

 

Sempet liat juga adegan dimana si pengantin cewe nungguin pengantin cowonya sekitar sejaman gak dateng2. Ditelepon tuh cowonya gak jawab2. Nah lho?? Sampe kita pulang, pasangannya belom dateng lho. Semoga aja dateng ya.. Kasian banget udah pake baju pengantin gitu. Ni gue bukannya merhatiin acara sepupu gua malah merhatiin urusan orang hahaha. Beduaan sama tante gua harap2 cemas liatin tu pengantin, datang gak.. datang gak.. Ugh.. sampe sekarang gua penasaran nih. Moga2 aja dateng lah ya. Sinetron amat kalo sampe enggak.

Sophie yang biar lagi marah tapi kalo difoto tetep senyum.

Sophie yang biar lagi marah tapi kalo difoto tetep senyum, tapi senyumnya gak tulus.

Pesta dan pemberkatan di Indo sih masih bulan depan. Semoga lancar sampe hari H ya, sepupu..

33 thoughts on “Sangjit Ala Singapore

    • Mama emang kalo ngakak bacotnya kejar2an sama kuntilanak πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Gak jadi siiss.. Sophie tetiba ilfil sama little pony sesaat sebelum beli tiket. Untuuungg belom kebeli tu tiket. Tu sepatu kaca beli di payless, siiss..

  1. Nad. Koko gw yg tinggal dan berkewarganegaraan disana, emang cuma gitu doank. Soso gw cm pake dress putih pendek selutut gitu. Simple yaa.. beda banget sama disini. Mreka resepsi jg gak pke baju pengantin. Pake dress gitu aja.

  2. Ebuset sophie galak banget. :)))) Hahaha. Eh tapi di sana nikah sederhana banget ya, nggak berasa tiba2 pulang ke rumah udah punya istri/suami. Besok cus langsung kerja lagi. Hahaha.

  3. Sophie biar lagi marah tapi tetep pose kalo lagi difoto ya Ci.:)

    Married impian bener Ci, ga usah neko-neko, ga capek senyumin orang berjam-jam yang bahkan ga kenal itu siapa. Tapi kemungkinan kecil bisa married begitu, secara udah anak pertama, cewek, cewek satu-satunya lagi. Ah,capek dehhhhh. (maaf curcol). HAHAHAHA

Leave a Reply

