Balada Dikte

Sekolah jaman sekarang tuh berat amat ya? 

Setres gua liat pelajaran TK jaman sekarang.

Sophie tuh sebenernya di bidang akademis termasuk cepet nangkep. Anaknya juga termasuk suka belajar, tapi jadi males kalo pe ernya banyak. Kalo udah dapet pe er menulis, alesannya ada 1001. Capek lah.. Belom pipis lah.. Laper lah.. Sakit perut lah.. Sedih lah.. #pusingpalamama

Nah, Sophie kan seminggu kemaren ijin gak masuk sekolah. Gua sih tau program kegiatan selama seminggu itu apa aja. Gua bikinin lah pe er menulis dan mengeja. Anaknya gak mau bikin. Cuman tertarik baca dan ngejanya doang. Nulisnya emang ampun2an dah malesnya.

Hari ini tuh ada dikte. Gua mah yakin punya Sophie gak bisa. Lha wong dia gak mau latihan nulis, gimana mau bisa?

Pulang sekolah gua tanya dong.. 

M: Sophie tadi diktenya bisa gak?

S: Bisaaa!

M: Dapet berapa?

S: Seratus!

M: Wih, hebaat…

Sampe di rumah, gua cek tasnya. Gua liat hasil diktenya.

Tau gak dapet berapa?

Dapet dip. 

Gua kurang tau istilah dip ini apa sih, apakah kependekan dari dipertanyakan? Diperhatikan? Diperdebatkan? Ya menurut gua hasil yang ga bisa dinilai aja. Anggep aja bocah dapet nol.

Anaknya lewat sambil nyanyi2, mama langsung cegat..

Heit!!

M: Kamu tau gak kamu dikte dapet berapa?

S: Seratuusss..

M: Salaaah..! Kamu dapet noool.. nih, pake tangan gini.. berapa nih?

S: Noool…!

M: Kalo nol itu tandanya salah semua ya, Sophie… artinya dapet jelek.. Katanya kamu bisaa?

S: Bisa koook, Sophie kan tulis semuaaa..

M: Iya, tapi salah, neeng..!

S: Oh, salah yaa? Kirain Sophie benerr..

Pede jaya kamu, nak.

Sebenernya salahnya cuman separuh. Mungkin gurunya keki kali liat tulisan Sophie yang kek cakar ayam, susah dibaca, jadi gak di nilai. 

Kasian juga masih TK A udah disuruh nulis harus rapi, harus kecil, harus bagus. Padahal kepengennya gua mah gak muluk2. Anaknya bisa nulis dan bener aja udah bersyukur. Gimana yaa.. tuntutan jaman, sih.. Susah juga.

Haaaaahhhhhhhhhh….

26 thoughts on “Balada Dikte

  1. Kurikulum SD sekarang aja udah kejam bgt mbak. Liat buku pelajaran adek saya aja q mikir ini anak SD masa udah belajar ginian wkwk…. Tapi dulu pas q masih SD juga mama q bilang kok buku SDku sulit bgt beda ama pas Mama q masih SD πŸ˜… Yaiyalah

  2. ya ampuun, anak TK aja udah belajar nulis gitu ya,
    di TK Aila belom diajarin nulis baca sih, ah ntahlah kapan diajarin baca tulis itu anak, emaknya males anaknya pun males huhuhu

  3. Gue yang guru TK aja pening…cuman kita ga pake nilai2 sih nad. Ga boleh scoring di TK itu. Cuman bukan salah TKnya tapi kenapa tuntutan anak SDnya yg kezammmm? Kalau ga bisa baca yg disalahim guru TKnya. Syerba syalahhh πŸ˜‰

    Tapi sop….PD jayamu kudu diacungi jempol!!! Hahaha

    • Iya joo.. di sd udah mutlak harus bisa calistung. Kejem bangeeet.. kasian masih kecil udah dikasih banyak tugas. Manalah sumbu emosi gua pendek. Liat anake males, gua jadi meradang. Huhuuu.. 😭😣

  4. Ih sophie keren banget sih, ngaku2 dapet nilai seratus, gue suka gaya lo!! Soalnya dulu aku juga suka manipulasi nilai, jd dulu tuh ulangan matematika dapet 6, trus bela2in beli pulpen warna merah trus angka 6-nya aku rubah bentuknya jd menyerupai angka 8 biar dibilang pinter sama mama hahahah..

  5. hahaha.. selalu nyengir2 sendiri deh baca ceritanya sophie.. itu pake snapchat yah yang lucu2 gitu? udah jarang online snapchat jadi kurang paham.. tapi jadi lucu banget si Sophie.. hahaha

  6. Iya nih sekolah sekarang susah amat, tiap hari pe er nulis mulu. Wiken aja ga tenang bawa pulang pe er belajar baca. Ya elah!
    Anaknya sendiri kl disuruh baca acak kadut, asbun semua d bunyinya, kdg kita yang cape ngajarinnya, abis susah amat, sebodo amatlah kl ga bisa-bisa amat, susah bener soalnya.. huhu..

Leave a Reply

