Bird and Bromelia Pavilion

Kok bisa tau sih di Bandung ada Bird Park?

Di tol suka ada spanduknya kok.

Di setiap edisi jalan2, gua sebisa mungkin nyari tempat yang sekaligus bisa mengedukasi Sophie, terutama tentang alam. Di jakarta kita ga bisa mau adem2an di puncak gunung, paling banter juga pantai, tapi sayang pantai di Ancol airnya coklat dan kotor. Makanya setiap ke Bandung, meskipun kebanyakan ujung2nya ngafe, tetep gua cari yang bernuansa alam. Supaya Sophie kenal alam, kenal sawah, kenal batu2an, dan kenal hewan. Kemaren aja pas diajak ke Tahura, Sophie nemu buah, ga tau buah yang dipegang itu buah pinus. Dia ngirain itu salak. Doeng! Hahahaha. Makanya kesempatan juga jadi bisa sekalian diajarin (sekali nyebrang dua tiga pulau terlampaui. sekali ngafe, dua tiga tujuan tercapai).

Sebenernya gua udah tau kalo Sophie bukan pecinta burung. Dari awal dikenalin sama burung anaknya ga antusias. Sekarang aja hewan yang tadinya dia berani sayang2 berubah jadi takut macam guguk dan domba, apalagi burung. Dan gua gak ada kapok2nya pula ngajakin bocah berpetualang. Gua gak mau Sophie gedenya nanti ga sayang hewan. Even nantinya dia ga bakal pelihara, paling ga dia seneng dan gak ngejahilin hewan liar.

Kalo gua menganut paham: tak kenal maka tak sayang. Kalo sering2 diajakin main sama hewan, lama2 pasti sophie pasrah juga. Apalagi kalo dia lihat hewan2nya lucu dan jinak, pasti dia akan tertarik lah. Semoga gedean lagi jadi mau. Seperti roda berputar, sekarang doi lagi ga suka, nanti rodanya di atas dia jd suka lagi *Aahh udahlaaahhh apaa siiihhhh*

JADIIII… Bird park ini terletak di daerah Dago Giri tepatnya di komplek Pramestha Town Resort. Kemaren kita pake waze ke sananya. Disuruhlah dari dago giri melipir ke jalan dalem wangi. Jalan dalem wangi ini lebih mulus dan sepi. Tapi serem karena sempit dan pinggirnya jurang (bukan jurang gimana2 sih, cuma ya kalo jatoh sih udahan pastinya). Gua udah mulai was2 nih.. waze kan setengah ga bisa dipercaya secara dia ga bisa notice kita naik mobil atau motor kan.. takutnya yang update jalan ini naiknya motor, kelar mobil kita.

Setelah perjalanan lewat jalan dalem wangi ini mulus, tiba2 jalanannya menyempit seperti masuk ke rumah penduduk gitu. Err.. mulai panik. Di jalan raya super kecil itu sempet ada keluarga ayam nyebrang pulaak! Ampun deeh gak tau orang panik apa ya? Temen gua bisa2nya bukannya ngerem malah nginjek gas! Gua sampe teriak takut die ngegiles tuh ayam sekeluarga! “AWASSS AYAAAM!! ADA AYAAM AWAS AYAAAAM!!! …AWAAASSSSSS… AYAAAAAAMM.. AAAAAAA!” Gua merem sambil teriak2. Yang lain malah ngetawain gua. Laaah apa yang perlu diketawain coba?? Bayangin kalo tadi kita ngegeleng ayamnya seekor, apa kaga digebukin sekampung? Di sini ayam sama berharganya dengan keluarga, ya naaw.. Ada2 aja.

Masih lanjut lagi, tiba2 sama waze kita disuruh belok kiri ke jalan super kecil dan nurunnya ampir 90 derajat. Mo nangislah kita liat jalannya. “SERIUS NIH, CI? SERIUS LEWAT SINI?” “ERRR.. WAZENYA BILANG GITUUU…!”. Panik sekitar semenit, temen gua belok. Pas turun itu kaki kiri gua reflek ngerem dan pantat gua sampe gua angkat saking takut tuh mobil jungkir balik. Kita diarahin lewat rumah penduduk yang sebenernya cuma bisa dilalui motor saking sempitnya. Gua udah jantungan ngeliat tu jalanan makin ga mobiliawi sempitnya.

Klimaksnya, kita disuruh masuk ke satu gang yang nurun terjal lagi yang mana menurut gua cuma sepeda yang bisa lewat situ. Gilak! Akhirnya gua minta temen gua setop dulu sebelom mobil kita nyangkut dan ga bisa kemana2. Serem boo.. kita cuma cewe2 rapuh. Temen gua pede banget turun dan nanya ke bapak2 yang lagi nongkrong di mesjid. Gak lama dia masuk mobil dan pede jaya bilang “Bener lewat sini, ci.”

HAAAHHH?? Yakiiiinnnn? Gua baru mo teriak “puter balik aja” eh anaknya keburu belok dan terjun bebas. Gua lagi2 refleks ngerem sambil tutup mata kali ini dicampur doa minta tolong. 10 meter kemudian kita lihat perumahan pramestha. Fiuhh.. Itu leganya udah kaya ketemu wc umum pas nahanin pup. Plong banget. Dan sampelah kita di Bird and Bromelia Pavilion. Persis di depan jalan jahanam tadi. Gak akan gua lewat2 situ lagi! Emang sih menyingkat waktu banget, tapi horornya itu gak kira2. Kalo mobilnya kecil kaya Atoz sih masih oke. Kalo udah segede Avanza gitu kudu hati2 bangeeet.. mepeeet sama tembok tetangga. Gua rasa kalo udah segede innova mending terusin lewat Dago Giri deh. Jelek dikit gapapa, yang penting jalan umum.

Pendahuluannya aja udah panjang lebar gini, keburu males ngetik review Bird Parknya wkwkwkwkwk..

*istirahatin jempol dulu*

… Oke lanjut.

Begitu sampe, kita langsung makan siang dulu di food courtnya Day n Nite. Konsepnya lucu, bangunannya dari kontainer yang ditumpuk2. Kemaren sayangnya gua gak sempet liat2 ada toko apa aja. Rempong sama bocah. Makanan yang kita pesen menurut gua untuk ukuran nasi goreng dan nasi timbel rada pricey dan rasanya biasa aja. Cuma ya emang porsinya banyak.

Ini gua foto dari jalan tembus yang super horor itu. Gua lupa foto jalannya.
Ini gua foto dari jalan tembus yang super horor itu. Gua lupa foto jalannya.
Food court at Day n Nite
Food court at Day n Nite

Selesai makan kita langsung ke Bird n Bromelia Pavilion yang persia di sebelah Day n Nite. Tiket masuknya per orang 35rb. Tiketnya berupa gelang juga. Beli makanannya bisa langsung paketan dapet semua sampe ke makanan kelinci seharga 25rb (atau 22rb ya?). Gua beli satu yang paket aja biar bagi rame2.

bb14

bb15

Baru juga di pintu masuk Sophie udah ribut minta digendong. Liat gua megang burung hantu di jeritin “Jangan mama nanti digigiiiittt..!” “Gak bakal, Sophieee.. baik kookk. Gak bakal digigit kan, mbak??” Pawangnya menggeleng mantap. Gua sebenernya serem sama burung hantu, cuma demi nunjukkin ke Sophie kalo hewan itu bisa jinak dan disayang2, ya uda deh sini.

Foto kiri itu di pintu masuk domenya Bird Pavilion
Foto kiri itu di pintu masuk domenya Bird Pavilion

Selama kita ngeliling di dalem dome, Sophie anteng aja dalem gendongan. Pindah2 gendongan antara gua, temen gua, dan ncusnya Abby. Capai kan yaaaaa.. Kita gak lama2 di dalem dome. Lagian burungnya ga ada yang mendekat pas kita kasih makan. Keluar dari dome, kita foto2 sama parrot. Ini favorit gua, niihh.. Lucu2 banget warnanyaa.. Bisa ngomong lagi. Sayangnya Sophie tetep gak suka. Untung di deket tempat Parrot, ada kelinci.

Penampakan di dalem Bird Pavilion. Ini satu2nya burung yang nyamperin.
Penampakan di dalem Bird Pavilion. Ini satu2nya burung yang nyamperin.
Sun Conure, suka bangeeet sama si cakep inii..
Sun Conure, suka bangeeet sama si cakep inii..
Lumayan, Sophie teralihkan dari acara minta gendong
Lumayan, Sophie teralihkan dari acara minta gendong

Sophie dan Abby kita suruh masuk ke sana. Umpanin wortel banyak2, betah banget mereka. Selama mereka main sama kelinci (ditemenin ncus), gua sama temen gua melipir foto2 sama berbagai jenis burung hantu. Btw, di sini pawangnya aktif banget ngajakin kita main sama burung2nya. Setiap kita lewat, pasti selalu diajak buat pegang dan foto bareng. Gua sama burung model burung hantu takut, tapi kalo udah ditawarin melulu jadi gak enak hati. Sebelum foto bareng, gua udah wanti2 pawangnya pilihin burung yang paling jinak.

“Mbak, ini gak bakal matuk kan?”

“Enggak, neeeng.. ini mah baik pisaaan… Nggak bakalan gigit…” sambil naro si burung di tangan.

“Yakin ya, Mbaaak…”

Lalu burungnya mepet ke lengan atas. Hiiii… *tapi sok berani* Gua akhirnya ngerti kenapa kita harus pake sarung tangan kulit. Cakarnya tajem bangetttt! Si burung mepet2 dan nginjek bagian tangan gua yang gak ketutup sarung. Waduuwwww.. Mau gua kebas2 tangan, tapi nanti malah si burung nerkam gua lagi. Akhirnya gua sok cool, tapi tangan gemeteran karena nahan cakaran.

“Dielus2 aja, Neng… Di peluk aja gapapa..”

Gua elus2 lah..

PLETUK!!!

….

GUA DIPATUUUUKK!!!!

WAH!

“Mbak, katanya gak matuk??”

“Megangnya salah atuh.. elus2 di belakang..”

Bilang doooonngggg… Haiiizzzzzz… Baru gue elus aja udah dipatuk, gimana kalo gua peluk?? Habis gua dianiaya. Patukannya gak sakit dan gak tajem, tapi bikin kaget, huhuuu.. Untung banget Sophie gak lihat adegan ini. Bisa fix dia benci sama burung. Setelah adegan dipatuk itu, gue udah ga mau foto sama burung lagi. Sakitnya emang gak seberapa, tapi sakit hatinya.. *Duileee.. segitunyaaa* Nggak, kok gua gak marah sama si burung pematuk tadi, namanya juga naluri seekor burung. Gak papa, kok, aku ga papa!

Adegan dipatuk pas kefoto. Ada saksi mata berbulu pula di belakang. Sayang pas gua teriak gak kefoto. Uuhh.. pengen gua unyel2 si buruungg...
Adegan dipatuk pas kefoto. Ada saksi mata berbulu pula di belakang. Sayang pas gua teriak gak kefoto. Uuhh.. pengen gua unyel2 si buruungg…

Ada adegan lucu pas lagi merhatiin burung hantu lainnya..

“Cil, yang ini lagi bobo, cil.. Lucuuu..”

Mbak pawang dateng..

“Anu neng, itu mah gak tidur..”

“Lha, itu merem?”

“Itu burung hantu dari tiongkok.. emang matanya sipit..”

OOOOOWWWWWWW…

wkwkwkwkwkwkwk!

Maap, burung.. aku gak bermaksud rasis.

Gua beneran dia ketiduran pas lagi makan.
Gua beneran ngirain dia ketiduran sambil makan.

bb10

Selesai main di tempat burung hantu, anak2 juga udahan main sama kelincinya. Kita melipir kasih makan ikan dan angsa. Habis itu kita foto2 di Bromelia pavilionnya. Bromelia ini sepertinya artinya tanaman. Soalnya isinya emang macem2 tanaman hias.

Wet Area
Wet Area
Bromelia Pavilion dan Ampitheatre
Bromelia Pavilion dan Ampitheatre
Cantik tamannya
Cantik tamannya
Ababil.
Ababil.

Karena cuaca panas banget pas ke sini, gua udahan duluan. Kalah sama panas. Sophie juga minta udahan karena males sama burung. Sisa personil lainnya masih betah main2 sama parrot. Masih untung deh Sophie cuman minta digendong, gak pake acara histeris dan nangis2.

Menurut gua, Bird and Bromelia Pavilion ini, meskipun kecil, tapi bersih dan terawat. Tiket masuknya juga gak mahal. Yang bikin happy, ternyata ada hewan lain macam kelinci, ikan, dan angsa. Bisa jadi alternatif buat anak2 yang gak suka burung kaya Sophie. Semoga gedean Sophie lebih berani ya sama burung. Burung parkit juga cukup deh, Sop.. gak usah yang segede burung hantu.

Burung2 yang ada di sini emang gak sebanyak dan seaneh yang di Bali Bird Park. Burung2nya lebih ke burung kecil dan friendly sama manusia. Cocok lah buat ajak anak2 balita ke sini, tapi tetep hati2 sama beberapa burung yaa.. bukan karena mereka galak, tapi suka iseng. Seiseng si burung pematuk tangan gue.. #masihdendam.

 

Bird & Bromelia Pavilion

Alamat: Jalan Akaza Utama No. 9 (Dago Giri) Komplek Pramestha Resort Town

22 thoughts on “Bird and Bromelia Pavilion

  1. Akkh kenapa ak terpesona ama cici ya, cantik bgt sih gk ky maminya sophie, cicinya kali ini mah. Duh burung2nya lucu2 apalg yg ijo kuning itu manis bgt posenya 😀 tau aja tempet2 beginian cuma jalan kesononya sih horror jg bacanya ikudan tegang *lapkeringet* fiuhh~

  2. Buset Nad kalau gw udah jalan kampung bisa muter balik deh (trus jalannya cukup kaga buat muter balik hahaha) pertanyaan gw elu ngerem pake apa Nad yg bawa mobil temen elu kan …hahahahaa.

    Pasti lu bandingin owl cina itu sama si Hedwig yang belo yah 😀

    1. Kaga cukup jalannya buat muter balik, fel. Makanya kalo sampe mentok mampus lah. Untung aja nembus, tapi gak lagi2 dah. Refleks kaki ngerem ke depaaan hahahaha.. gua kaga bandingiin.. beneran gua pikir dia mereeem 😂😂😂

    1. Iyaaa.. mending lewat jalan biasanya aja deh jangan mintas. Serem banget mana cewe semua kaan.. untung ga kenapa2. Madeline suka hewan ga? Ajakin ke sini sama ke rumah guguk pasti happy 😊😊

  3. Waze emang suka ngasih jalan yang aneh2 ya nad hahahaha. Tp mayan jg nih tempatnya yah model2 bali bird park yah cm lebih kecil. Duh tp anak gue jg takutan kalo sama burung alamat ntar manyun aja dia disana hahahaha

  4. Wkwkwk, postingan mbak Nadia selalu sukses bikin aku ketawa, ceritain jalan2 tp selalu bikin aku senyam-senyum pas baca. Apalagi burung hantu yg matanya cipit itu :-))
    Untung ada binatang lain ya disana jadinya sophie bisa enjoy juga

    1. Sebenernya mainstream juga, Din.. tp biasanya abege yg banyak tau hahaha.. gua tante2 sok ngeksis nyasar sendiri 😅😅
      Iya makanya kaaaan.. gua juga gak nyangka sipit menurun ke burung hahahaha

  5. Waaahh boleh nih kapan2 klo ke bandung ajak bocah kesini..etapi sebenernya ada jalan lain yg lebib mobiliawi kan ya? (Pinjem istilah mobiliawi-nya) hahahahaha.

    Klo jalanan yg lu ikutin itu mah turunan hampir 90° kayanya udah semacam naik niagara2. 😵

    1. Hahahaha.. Ada kok jalan biasa lewat jalan dago giri. Lebih umum cuman jalanannya juga sempit dan rusak. Tapi mobiliawi banget lah dibanding jalan pintas ala waze itu. Jangan ditiru deh, Na.. serreeeemmmm.

Leave a Reply

