BAB Pucet. Harus Gimana?

Gak banget ya judulnya.

Emang yang pucet cuma bisa muke, pup juga bisa.

*Apa siiiikkk..*

Nongol2 ngomongin eek, xixixi…

Jadi ceritanya minggu lalu Sophie mengeluh sakit perut dan mual. Kemudian dia pup sedikit (macam eek kambing bulet2) gak lama muntah. Habis itu pake acara demam pula. Panik deh serumah. Untungnya muntah cuma sekali. Demam juga cuma sampe sore. Malemnya keadaan aman terkendali, besokannya udah sehat.

Nah.. permasalahan baru adalah, dari dia sakit gua perhatikan pupnya berwarna pucat. Sampai 3 hari kemudian setiap pup warna pup sophie tetep pucat. Macam putih gading gitu. Kuning pucat lah. Ya pokoknya puceeettt.. Di sini mulai deg2an. Gua fotolah itu “hasil karyanya” Sophie. Lalu gua laporan ke bokap. Bokap kaget. Bokap bilang kalau pup pucat itu kemungkinan ada gangguan pada empedunya. Lalu bokap bertanya apakah warna air seninya Sophie normal atau pekat macam teh? Untungnya warnanya normal. Lalu bokap cek kulit dan mata Sophie apakah kuning atau enggak. Kalo kulit, bocah emang kuning langsat ya jadi susah nilainya, tapi matanya putih jernih. Dan anaknya pun selain pup pucat, terlihat baik2 saja.

Besokannya, pupnya masih pucet. Mama panik dong yaa.. gak tenang deh hati ini lihat ada yang gak beres dari anak. Masalahnya dari sakit, berarti udah 5 hari pupnya warna pucet. Mana kalau google soal warna pup, warna pucat ini kategorinya harus segera ke dokter. Yang membuat gua bertahan ga buru2 ke dokter adalah karena keadaan Sophie yang aktif dan normal. Lagian bokap juga dokter jadi bisa mantau. Tapi, gua penasaran banget kenapa warna pupnya pucat. Daripada gua dan bokap menduga2 sendiri, akhirnya kita carilah dokter spesialis anak khusus gastro di Hermina Kemayoran. Ada satu dan dia konsultan pula. Kebetulan praktek setiap hari jadi gua langsung daftar untuk hari jumat.

Seharusnya hari Jumat itu dokternya praktek jam 3-5 sore. Waktu di perjalanan menuju RS, gua di sms kalo dokternya praktek jam 4. Haiz.. Yang bikin sebel, sebelum pergi Sophie udah gua paksa pup karena emang jam pupnya dia tuh siang-sore. Eh ditongkrongin anaknya gak kepengen. Lha ini giliran udah sampe, nunggu dokternya lama, bocah kebelet pup. Ya sud lah, mari ke WC. Eeeehhhh, pas udahan pup gua lihatin, lha pupnya warnanya coklat muda dong! Gak pucet lagi. Hmmm.. gua merasa sedikit sia2 dateng ke RS. Supaya gak sia2, itu pup gua fotoin buat kenang2an dokternya. Udah nanggung nunggu juga kaan.. sekalian nanya aja kenapa bisa pucat. Sophie pas tau pupnya coklat langsung happy dia. Tadinya dia setres juga ahahaha.

Yang nyebelin lagi, gua nunggu dokternya 2.5 jam aja dong! Ihsss.. susternya dari setengah 5 ditanyain katanya 15 menit lagi sampe. Taunya setengah 6 sore baru nongol. Pas dateng, gak ada basa-basi dan gak pake lama langsung dipanggil nama Sophie.

Berikut kira2 perbincangannya..

Dokter: Keluhannya apa bu?

Mama: Gini dok, pup anak saya udah 5 hari warnanya pucat.. (lalu gua ceritain kronologisnya dari awal sophie sakit)… selain Pupnya pucat, anaknya kelihatan baik2 dan aktif, Dok. Saya mau tau kenapa pupnya pucat. Apa dari makanan? Apa ada organ dalamnya yang rusak? Apa harus cek darah? Harus gimana Dok?

Dokter: Coba anaknya sambil diperiksa yaa.. Bentuk fesesnya gimana, Bu?

Mama: padat kaya biasa aja sih, Dok..

Dokter: Oh padat yaa.. konsisten padatnya ya?

Mama: Mmm (bingung konsisten tuh kudu setiap beol sama percis apa gimana?).. ya setiap hari padat sih Dok.. Tapi barusan sambil nungguin dokter dateng, anaknya pup lagi, eeh warnanya jadi coklat dok! Saya foto sih kalo dokter mau liat.. before dan after..

Dokter: Ga usah, asal padat sih gak perlu.

*ya kali demi apa sore2 liatin pup orang*

Lalu dokternya meriksain Sophie ala kadarnya.

Lalu dokternya menjelaskan ke gua mengenai kenapa pup bisa pucat sambil merem melek. Literally, matanya merem melek kaya lagi nginget hapalan. Penjelasannya panjang lebar, dan gua gak ingat detailnya. Yang gua ingat adalah, saluran pencernaan kita dibantu oleh empedu. Nah, ketika empedu bekerja terlalu keras atau terlalu sedikit (correct me kalo salah yaa), akan menyebabkan fungsi empedu terganggu. Yang harus diwaspadai adalah ketika pup berwarna dempul atau putih seperti kertas dan konstan selama berminggu2. Gejala lainnya kulit dan mata menjadi kuning, ini berarti empedunya tersumbat dan harus segera ke dokter.

Pada intinyaaaa.. Sophie gak kenapa2 (puji Tuhan). Kenapa pupnya bisa pucat, menurut dokternya karena makanan yang Sophie makan kurang mengandung lemak yang mana bikin empedu sedikit bekerja (kalau gua gak salah nangkep ya). Jadi harus perbanyak makanan yang mengandung protein tinggi seperti susu, telur, ayam, ikan tapi tetap dalam kadar secukupnya.

Gua ingat2 lagi memang pas sakit, Sophie makannya sempet bubur 2 hari dan buahnya cuma pisang. Jadi mungkin (mungkin yaa), ini yang menyebabkan BAB Sophie pucat. Duh Sop, mama sih kepengen bener ngurangin lemak, bukan di makanan tapi di lengan. Kalo lemak di makanan sih nikmat yaaa.. hihihi.

*cekokin Sophie siobak*

Intinya gua ke dokter cuma buat dapet kuliah singkat. Di gugel kemaren gak nemu nih keterangan begini (lagian bukannya ke dokter malah ke gugel), makanya gua pikir gua share aja pengalaman ini. Siapa tau buibu ada yang butuh.

Ini cuma sekedar berbagi pengetahuan yang gua serap yaaa… Daya serap otak gua tentu beda dengan orang lain. Jangan jadikan postingan ini patokan. Mohon bijak dalam membaca. Konsultasi ke dokter untuk keterangan dan tindakan lebih lanjut.

Untuk nama dokter, kalo mau tau siapa, bisa cek sendiri ke website hermina hospital. Dokter spesialis anak (sub ahli Gastro). Gua gak sreg sama dokter yang ini soalnya. Terlepas dari edukasi yang dia beri (gak pelit info), orangnya lelet jadi gua sebel. Hahah.

Semoga anak kita selalu sehat dan dalam perlindungan Tuhan YME.

Advertisements

16 thoughts on “BAB Pucet. Harus Gimana?

  1. Minggu lalu pas Kaleb muntah-muntah, pupnya juga pucat. Tapi bentuknya padat. Cuma sehari itu doang sih. Trus gue bawa ke dokter, pas muntah2nya hilang, pupnya kembali semua. Oh, jadi karena itu toh sebabnya. Semoga sehat2 terus ya.

  2. puji Tuhan sophie gpp ya nad. emang kl anak sakit atau ada yg ga beres pasti bikin kita ketar ketir juga ya padahal anaknya lincah.biasa lah emak2 nad. hehehhe

  3. Hahahah.. sempet2nya nawarin foto pup ke dokter, tadinya gw pikir bakal ada foto pup Shopie disini, syukurlah ga ada. Soalnya gw baca sambil makan 😅

    Sehat terus ya Shopie 😙😙

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s