Si Cici

Halo apa kabar?

Bagaimana mama Nadia, rasanya hidup dengan anak dua? Sudah tambah belum kerutannya?

Belon juga 2 bulan umur debay! Tapi mengapa rasanya lama sekaliii? Hahahahahahaha ((mulai stress))

Debay puji Tuhan baik2. Monster milk sekali dia. Leher udah ga keliatan dimana. Paha udah kaya ayam KFC, tiap diliat bawaannya jadi laper wkwkwkwkw.. Lalu untuk ukuran bayi, tergolong cukup anteng. Sekarang kalau malem mulai tidur panjang. Nah ini yang sebenernya serba salah ya. Kalo tidurnya panjang, kita enak bobo. Tapi karena nenenin, tiap bangun nenen suka ngebatu huhuu.. langsung cepet2 bangunin debay buat nyusu. Sisanya buru2 dipompa. Sakit booo.. emang mau anak berapapun, yang namanya kasih ASI butuh perjuangan. Gapapa, nak.. yang penting kamu sehat2 selalu. Mama isoke biar nenen ledes juga.

Btw ini mau ngomongin cici, kenapa jadi ngomongin dede?

Iyaa.. jadi Sophie waktu dedenya dibawa pulang, langsung berubah 180 derajat. Anaknya jadi keliatan dewasa banget dan mandiri sekali. Apa2 selalu ngeduluin kepentingan dedenya. Tidur juga yang biasanya nempel mamanya, ini langsung inisiatif tidur di kasur sendiri gak pake menye2. Duuuhhh.. gua yang gak tahan liatnya. Anak yang mandiri, gua yang galau. Gimana sik? Karena gimana yaa.. gua ngerasa Sophie terlalu maksain untuk jadi mandiri. Padahal gua masih mau liat dia manja2 sama gua. Gua sedih banget lho sama perubahannya Sophie. Tapi ga ngomong apa2 juga sih ke anaknya, karena gua tau dia juga berusaha abis ngelabel diri dia kakak yang baik.

Tapiii.. pada akhirnya, dia sendiri gak kuat sok mandiri. Cuma bertahan 2 minggu aja sodara2 hahahahaha. Setelah 2 minggu, anake mulai nempel2 mamake. Kalo manjanya lagi kumat, kemana gua pergi diikutin. Gua bulak balik kamar nidurin adeknya aja dia ngekor di belakang gua. Terus kalo malem mulai minta bobo bareng2 lagi. Akhirnya di kasur bertiga. Gua diapit anak2. Bapake makin terpisahkan hahahaha kasiaan.. Adhi sampe mohon2 bujukin Sophie buat bobo bareng dia. Mana mau anaknya. Biar mukanya mirip papa, hati Sophie cuma buat mamanya.

Jujur kadang gua suka nyuekin Sophie. Soalnya dia suka ga liat sikon juga sih. Lha wong dedenya lagi nangis kejer digantiin baju, Sophie malah sibuk ajakin ngobrol. Ngobrolin roblox pulaa yaaaa mana gua dengeriin.. Kadang cuma sempet gua iya2in aja Sophie udah seneng. Kadang ga gua jawabin karena ga jelas suara dia balapan sama suara nangis dedenya. Ujung2nya Sophie pernah sebel dan ngomong gini, “Mama nyuekin aku terus. Mama lebih sayang dede daripada aku!”.

Duarrr…

Baru deh gua nyadar Sophie lagi caper rupanya. Caper kadang caranya nyebelin ahahaha.. Orang lagi rempong, dia nambah2in. Ya tapi setelah dipikir2, namanya juga caper yak. Untung di rumah ada ortu yang suka banget ngurusin cucu. Jadi dede suka gua titipin ke oma opa dan gua ngurusin Sophie. Oh ku baru tau rasanya jadi emak 2 anak. Susah ya ternyata bagi waktu kyaaa..

Tapi Sophie ga pernah ngambek gimana sih. Paling kasih statement nyelekit aja. Kalo udah diladenin, anaknya akan kasih gratitude dengan ngomong, “Mom, you’re the best mom ever!” Duuh.. mama mimpi apa bisa dapetin anak manis kaya Sophieee? ((Trus besokannya dia caper gua sebel lagi 😂😂😂)).

Kalau soal sayang, Sophie sayang banget sama dedenya. Keliatan banget dia bangga punya adik. Lha wong sehari adiknya balik rumah, dia ada zoom meeting ma kelasnya, udahannya si dede di pamer2 ke miss dan temen2nya. Missnya sampe ketawa2. Mana gua blon mandi. Kan jadi malu masuk zoom meeting. Dan anaknya ga puas sampe situ aja. Dia pinjem HP gua dan ngapain coba? Ngirim foto2 dedenya ke miss wali kelas! Gua pas cek WA bingung kenapa ada WA dari missnya dan nulisnya pake stiker2an? Woow ternyata.. tapi isi chattingnya so sweet banget sih muji2 dedenya kwkwkwkw..

Oh, Sophie juga punya cita2 pulang sekolah dijemput mama dan dedenya. Sayang sekali ternyata ga bisa terwujud dalam waktu dekat ya, nak.. Nanti tetep dijemput ya sama mama dan dede. Mungkin 2 taun lagi lah tunggu sekalian dede udah bisa jalan. Amsiong juga kalo kudu gendong dede sampe sekolah.

Dear Sophie, berantem2 kecil ma dede mah pasti terjadi lah yaa.. tapi inget ga boleh berantem lama2 yaaa.. saudara kandung cuma dede seorang, harus selalu akrab sampai tua. Mama janji bakal sayang kalian berdua sama. Ga beda2. ((Ya kecuali sekarang pas dede ga bisa apa2 ya soop, apa boleh buat deh mama kudu extra lebih ke dede dibanding sophie. Ya udah sophie ngalah aja dulu))

But I love you both 3000!

Mumpung Inget 12

Satu

Sophie itu yaa.. kebiasaan jeleknya kalo dipanggil kudu 10 kali baru nyahutin. Kadang gua mikir apa ada masalah sama pendengarannya ya? Soalnya selalu deh tiap kali dipanggil, kalo gua belon emosi, gak bakalan disahutin balik.

Tapi kayanya pendengarannya baik2 aja. Soalnya gua pernah tes, sengaja ngomong dengan suara super kecil begini:

“Duh… ada Merlion di tivi…”

Bocah dari jarak 5 meter langsung loncat nyamperin tivi sambil gelagapan!

“Dimana??? Dimana Merlionnya, mama??”

KZL.

Mama: “Kamu kalo mama panggil ajaaaa.. gak pernah nyahutin kalo mama belom ngamuk yaaaa!”

Sophie: (Kembali sibuk sendiri)

Mama: “Sophie! Sophieeee!”

Sophie: (bodo amat)

Mama: Aiiizzzzz… Sophie! Auban yaa kamuuu!

Sophie: “Apa sih, maa…”

Mama: “Kamu tuh sekadang auban!”

Sophie: “Auban? Ada dimana? …Di rambut Aku??”

Mama: “Itu ubaaan!!!!”

Papa: “Buahahahahaha!”

Seriously…

Terkadang aku gak pingin ada di dalam dunia dagelan ini.

 

Dua

Di saat santai, gua suka ajakin Sophie ngobrol seputar cerita di sekolahnya. Gak setiap kali Sophie mau jawab sih.. gimana mood dia aja. Salah satu obrolan kita yang akhirnya gaje adalah ini:

Mama: “Sop, temen kelas sophie ada yg bacanya belom lancar?”

Sophie: “Si Michael kayanya…”

Mama: “He? Mana ada temen kamu namanya Michael!”

Sophie: “Ada kok! Dia belom bisa baca!”

Mama: “Oh murid baru si Michael ini?”

Sophie: “Enggak! Udah lama kok..!”

Mama: “Helooo.. mama tau semua nama temen sekelas kamu yaa.. ga ada yg namanya Michael! Matthew kali maksud kamu?”

Sophie: “Enggak, Michael yang belon bisa baca.”

Beneran deh, gua yakin banget gak ada yang namanya Michael.

Mama: “Bukan Michael kali, Sof..”

Sophie: “Iya, Michael! Dia belum bisa baca. Soalnya dia masih di playgroup!”

Gak usah ngomoooonngggg!

Capai!

 

Tiga

Suatu malam menjelang pagi, Tau2 gua dibangunin karena Sophie bisik2 panik.

“MAH! Mah, Mah! Bocor, ma, bocor!”

HAH??

Apa yang bocor?? Hujan kah??

Lagi nyenyak2 gitu dibangunin kan, nyawa masih belom pada balik. Cek plafon, cek dinding, Gue sampe buka hordeng, ngecek apakah di luar banjir? Tapi kok ga ada tanda2 air? Apakah Sophie ngigau?

“Apa yang bocor, Sof?”

“Anu aku bocor…”

Oalaaaah… Ngompol toooh!

Semenjak lepas diaper malam hari, Sophie termasuk yang cepet move on. Pernah sekali doang cepirit malem2, itu pun langsung sadar dan ngajak gua ke WC. Nah, semenjak itu bebas gangguan kalo malem hari. Makanya Sophie gak familiar sama kata ngompol, sampe pinjem istilah bocor wkwkwkwkwkwk…!

 

Empat

Suatu malam, mama dan Sophie lagi asik gosipin Disney Prince.

Mama: “Mama paling suka samaaa Pangeraaan… Phillip?”

Sophie: “Siapa tuh?”

Mama: “Itu loh princenya Aurora. Yang lawan naga!”

Sophie: “OOHHH, yes yes! Sophie juga sukaa!”

Mama: “Sophie gak boleh sama. Harus yang lain doong..”

Sophie: “Aku mau yang sama!”

Mama: “Hadeeuhh.. Ya udah, mama sukanya sama Beast!”

Sophie: “Aku jugaaaa!”

Mama: “Sophie cari prince yang lain doong..”

Sophie: “Aku mau Beast!”

Mama: “Ya udah mama pangerannya Aurora..”

Sophie: “Aku mau pangerannya Aurora!”

Mama: “Ih, Kamu pangerannya yang lain dong.. Aladdin kek, Pangerannya Cinderella kek, Pangerannya Ariel kek… Kan ganteng2 semuaa..”

Sophie: “Aku bingung..”

Papa: “Gak usah bingung, Sophie… liat Papa aja, Pangeran Papa yang paling ganteng lah!”

Sang Istri dan Anak terdiam.

Lalu Istri menatap suaminya begini:

Muka Mama diwakili Song Hye Kyo biar dramatis

Lalu tatapan Sang Anak begini:

Lalu Papa yang diliatin, mukanya begini:

YA UDAHLAH PAPA YANG PALING GANTENG!

Pembicaraan ibu dan anak selesai.

 

 

Balada Chucky

Suatu sore di hari minggu, ada sepasang mama papa yang lagi pusing.

Pusing kenapa, sis?

Pusing karena anaknya bawel banget.

Sepanjang perjalanan dari mal sampe ke deket rumah, yang mana pake acara macet panjaaaang, si bocil gak ada setop2nya ngoceh. Mama aja bingung.. apa anaknya kaga haus ya?

“Mah mah mah.. Mekdi mah! Mekdiiiii… ke kiri, paaaah.. aku lagi kepengen makan chickeeen… Aku mau mampirr.. mampiirrr duluuuuu.. e yaaaaaaaaahhhhh… kenapa sih aku mau mekdi gak dikasiih? Aku tuh laperr!”

Papa cuma nyetir lurus tanpa ngelirik si mekdi.

“Bubble tea tuu ituuuu! Aku mau bubble tea, papaaaa..! Papaaaa!! Mampir dulu kenapa siiih?”

“Enggak ah, papa udah ngantuk mau pulang.”

“Kok kenapa aku gak dikasih makan sih dari tadi?”

“Karena kamu baru selesai makan!” Mama Papa barengan jawabnya.

“Indomaret tuh indomareeettt… Aku mau beli coklaaat!”

Ni kenapa lagi sepanjang jalan isinya toko makanan semua siiik?

“Aduuhh.. Aku kenapa semua gak dikasih? Aku mau coklat gak boleehh.. mau bubble tea ga bolehhh.. Aku mau mekdi, gak boleeeh.. Aku mau makan aku lapeeerrrr…! Aku mau Mekdii.. AKU.. MAUUUU.. KITCHEEEN! Eh chicken!”

Hahahahahahahahahaha… dia bilang kitcheen..! Salah tuuuuuuhhh.. Mama dan Papa langsung ngakak, bocil langsung manyun.

“Kalo aku salaah, aku tuh jangan diketawaiinn.. itu ga sopan tauuk!”

Sorry yaaa.. Abis Sophie lucu banget sih..!

Setelah salah ngomong, suasana rada tenang dikit tuh… sampe 5 menit kemudian, Sophie nyeletuk lagi, kali ini di kuping mamanya…

S: “Mah.. Kita nonton Chucky, yuk…”

M dan P: “HAH??”

P: “Wah, Sof.. gak kira2 kamu mau nonton Chucky??

S: “Iya! Aku suka loh filem Chucky! Dia tuh lucu!”

M dan P: “HAH???”

M: “Serem kaliii.. kamu tau dari mana sih itu Chucky?? Opa ya? Opa ni pasti..”

S: “Engga.. aku taunya dari temen2!”

Waaahhh.. gak bener nih temen2nya..

P: “Gak boleh ya nonton Chucky!”

M: “Tar… emang kamu tau Chucky itu apaan?”

S: “Ya tauu.. Chucky ituuu.. BEBEK!”

OOOW..

Sepertinya kita ngomongin Chucky yang berbeda. Mama Papa udah parno aja anake nonton filem Chucky horor, taunya Chucky bebek tooh..

Nah, ceritanya gak selesai sampe di sini. Beberapa hari kemudian, Sophie minta gua cariin di youtube filemnya Chucky.

“Ma, tolong dong ketikin filem Chucky.. Chucky the cutest duck yaa..”

Gua pun ketik Chucky the cutest duck..

Daaan..

Yang muncul di daftar Youtube adalah filem chucky horor dan video bebek2 lucu. Sophie bilang bukan bebek beneran, tapi bebek kartun. Gua ketik lagi pake kata Caki, yg muncul tetep Chucky boneka horor. Gua ketik chuki, chaky, ceki, tetep aja yang muncul si chucky horor. Chucky bebeknya Sophie gak ada.

“Gak ada, kamu nonton dimana sih?”

“Adaaa.. Chucky the cutest duuck..”

“Iyaa mama udah ketik, tapi ga ada filem itu..”

“Ada kook.. adaa, maa.. Aku pernah nontoon Chucky the cutest duck.. yang dari KFC ituu..”

Yeeee.. maskotnya KFC tooohh! YAA siih itu namanya chucky/chaki jugaa tapi itu ayaaaaamm bukan bebek! Duh..!

“Itu mah ayaaam, Sophiaaaa!”

“Bebeek…! Di filemnya dia itu bebek!”

“Kamu nonton filemnya dimana sih? Di Youtube?”

“No noo..”

“Di manaa? Di mol? Di restoran KFC ya?”

“Bukan, bukaan.. Aku mau nonton Chucky the cutest duck..”

“Ga ada filem itu lhoo.. Kamu nontonnya dimanaa?”

“Di mimpi akuu..”

“CAPE DEH!”

HADEUH!!!

Hadeuuuhhhhhhh…

Demi apa Mama bulak-balik liatin Chucky horor??

Demi Chucky dalem mimpi!