Cerita si Opa

Opanya Sophie yang mana adalah bokap gua sendiri dari dulu tipe yang sayang anak. Jaman gua kecil dulu juga kalo dia bisa beli dunia pasti dia udah beliin buat gua. sayangnya ga bisa yah hahahaha.. emang siapa bokap gue?? Tapi beneran. andai kata bokap gak kawin sama nyokap yang super pelit gue rasa gue tumbuh bukan cuma jadi anak manja tapi super duper manja yang ga bisa denger kata enggak. bokap gua beruntung dah istrinya mentri keuangan. yang ga untung ya gue. mo apa2 kudu mohon2 sampe nangis ala india di mol muterin tiang. udah begitu juga nyokap gue lempeng aja tuh. cuek bebek. “mama sih gak malu. yang malu kamu kok diliatin orang. sana nangis terus, sana. yang lama sekalian siapa tau mbak tokonya kasian. mama sih enggak.” yaolooo mamaaaaa… sempet mikir jangan2 gua anak tiri (tapi muka dempetan bener ma bokap).
Dulu pas hamil belom tau anak gue jenis kelaminnya apa, bokap bilang “anak kamu cowok nih kayanya.” Gitu terus ngomongnya sampe berapa kali. Pas ketauan cewek gue laporan dong… “pah, anak aku cewe!” bokap jawab: “yahhh!! ya udahlah…” lhaaa ya kok doi kecewa segitunya amat? tapi kalo ditanya bokap lebih suka cucu cowo daripada cewe, bokap selalu ngeles bilang “apa aja yang penting sehat”.
Pas Sophie lahir yaa.. jadi belahan jiwa opanya banget. kemana2 Sophie. sebelum tidur yang diliatin foto sophie. bangun tidur yang diliatin video sophie (padahal Sophie ada di depan mata dia juga). Soal royal, beuuuh… sama cucu dia jauh lebih royal. Ga usah ngomongin bokap lha ya.. ini nyokap gua ke cucu juga lebih gampang keluar duit. kenapa gitu yah, ma?? *protes keras*
Saking seringnya beliin sophie mainan, si sophie sekarang bisa minta loh ke opanya. dia gak minta dibeliin mainan ke siapa2 kecuali ke opanya sendiri. Dahsyat. the power of opa. “mau mainan.. beyi.. opa mana? opa bayar…” syuuung.. lari ke opanya. padahal omanya tadi disebelah sophie. wkwkwkwkwk… Yang untung udah jelas gua laaah… ga perlu beliin sophie mainan lagi. Yang nyebelin kalo cucunya suka sama mainan, bokap gue kan nyeletuk tuh ke nyokap, “wah sophie suka. beliin aja yah?” nyokap jawabnya, “iya lucu ya. beliin lah!” Bagoooossssss! jaman gua perawan ajaaaa… musti berantem 2 hari 2 malem juga belon tentuuuuu… Dunia orang tua emang berubah kalo udah jadi opa oma.

Soal waktu juga, bokap gua ‘semua bisa diatur’. Kalo lagi kumat (biasanya tiap minggu kumat) bokap ga praktek sore buat nemenin sophie main. Nanti di mol lagi asik nemenin Sophie, tiba2 ada yang negur bokap. “Dok, gak praktek?” ehhh.. bokap tersipu malu.. “enggak nih.. nemenin cucu hari ini.” selang beberapa menit lagi antri kereta, “sore, dok… gak praktek yah?” “eeehhh.. iya nih nemenin cucu.” ternyata pasien bokap banyak yang kerja di tempat mainan wakakakaka..! ketauan dokternya males niiiih… madol mulu nemenin cucu. Di rumah juga yang paling sering ngeladenin si sophie ya cuma opanya. biar kata opa males main playdoh kalo sophie maksa ya akhirnya ngalah si opa. “aduuuh.. opa nig paling males maen lilin…” yeeee.. kalo males ya jangan beli atuh. Tapi biar gitu tetep diladenin cucunya main sampe puas. untung ada bokap gua. Gua mah males nemenin Sophie main. payah deh gue soal ngeladenin main. di mol kalo ga omanya ya papanya yang ngeladenin. gua maleezzzz…. udah tua makin males main apalagi nemenin main. di rumah ada masak2an juga gue antepin aja sophie main sendiri. mo akhirnya tuh panci dibanting2 doang juga gua ga niat kasih tau cara main yang bener. “mainnya ga gitu, sof… ditaro di kompor…” tapi pantat gue berat banget buat lepas dari ubin. yang ada dari dibanting, pancinya dijadiin topi. wkwkwkwkkw… maapkan mamamu, nak… dulu mamamu berkhayal kalo punya anak cewe mama akan belikan kamu teddy bear beserta baju2nya biar kita bisa main bareng. pas kamu lahir, niat mama ilang. mama lebih milih dandanin kamu daripada boneka. toh kamu juga gak suka boneka. oke, kembali ke opa.

Bokap gua ini punya daya khayal tinggi. Jaman gua sama kakak gua kecil tiap malem bokap pasti dongengin kita berdua. Ceritanya dia karang sendiri. Ada 2 versi cerita. satu tentang kakak beradik manusia. satu tentang kakak beradik kelinci. Meskipun jalan ceritanya dibedain ditengah2, intinya pada akhirnya sama. Garis besar ceritanya gini kira2… Ada 2 ekor kelinci kakak beradik main di padang rumput yang luas terus nyasar ke hutan dan ketemu rumah kue. 2 kelinci itu makan rumah kue dengan lahap lalu tiba2 datang nenek sihir jahat mau makan mereka (familiar? yup, bokap nyolong cerita hansel and gretel dijadiin versi kelinci). Tapi 2 kelinci ini cerdik. mereka kerja sama supaya lolos dari nenek sihir. mereka kabur ke hutan dan akhirnya nenek sihir jatuh ke jurang. (nah.. di sini twistnya..) tiba2 datanglah sebuah helikopter menjemput mereka di sore hari. turunlah mama papa kelinci lalu mengajak mereka pulang. sebelum pulang, mereka mampir ke supermarket beli ciki, citato, permen, eskrim, dan semua makanan enak. selesai belanja mereka pulang ke rumah sambil nyanyi ‘haiho.. haiho.. mari kita pulang. karna hari sudah senja, mari kita pulang (tiba2 jadi lagu 7 kurcaci di snow white).’ the end.
another version ya tentang 2 kakak beradik ketemu kacang ajaib, ditanem, tumbuh jadi pohon raksasa, dipanjat, ketemu raksasa, raksasa jatuh, kakak beradik dijemput helikopter dan ke supermarket. The end.
Konyol abis kan bokap gua?? Keaslian dongeng bokap cuma dibagian dijemput helikopter dan belanjanya doang, tapi entah kenapa kita ga pernah bosen dan selalu ketawa2. Gua ga sabar nunggu bokap cerita dongeng versi dia ke Sophie. Kaya apa ya reaksinya?

image

Dan ini yang ga akan pernah gua lupakan. Kemaren malem seperti biasa bokap ajak main Sophie. Kali ini bokap ajak Sophie gambar. “Yuk, kita gambar orang ya opa gambar buat Sophie..” anteng tuh si sophie. gue keluar kamar ambil minum. pas gua masuk, gue kaget liat gambar bokap gua. astajim! trus bener kan.. sophie udah ngerengek2 sambil lari bilang “TAKUT TAKUT TAKUT!!” mau tau ga bokap gua gambar apa?

image

Yah iyalah sophie takut! Gua aja liatnya kaget! Bokap masih usaha ngebujukin sophie “niiih sophie opa gambar yang lain ajaaa.. gambar lupi yuuuk.. gambar anjing ajaaa”.

Dan ini hasilnya…

image

Kali ini Sophie sukses histeris. Kalo bokap pensiun jadi dokter, gua saranin bokap jadi ilustrator buku horor aja.

Anyway, happy father’s day, papa. Can’t imagine the world without you. Believe me, I am beyond blessed to have you as my father.

Advertisements

One thought on “Cerita si Opa

  1. Pingback: Sekilas Sophie | sikucingmanis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s